Febriyanti, Riya and Harmi, Hendra and Yulizah, Yosi (2025) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sd Negeri 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
SKRIPSI ACC riya-1.pdf Download (28MB) |
Abstract
ABSTRAK RIYA FEBRIYANTI, NIM 21591183 “Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Di SD Negeri 12 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 12 Rejang Lebong pada siswa kelas V dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar IPAS sebelum dan setelah penggunaan model Kooperatif Tipe Co-Op; (2) Mengetahui bagaimana penerapan model Kooperatif Tipe Co-Op ditinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS (3) Mengetahui efektifitas model pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op ditinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 12 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, sementara teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji hipotesis Paired Sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Hasil belajar sebelum menggunakan model Kooperatif Tipe Co-Op rata-rata sebesar 33,74 dengan skor minimum 10 dan maksimum 77, dari hasil pretest diperoleh nilai tertinggi 1 siswa dan rendah 26 siswa. Setelah menggunakan model Kooperatif Tipe Co-Op yaitu rata-rata skor meningkat menjadi 79,04 dengan skor minimum 57 dan maksimum 90, dari hasil pretest diperoleh nilai tertinggi 22 siswa dan rendah 5 siswa, dengan standar deviasi sebesar 13,306, menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan; (2) Hasil observasi guru dalam penerapan model Kooperatif Tipe Co-Op setelah penerapan menunjukkan nilai rata-rata yaitu 95% dengan kriteria sangat baik, mencerminkan keberhasilan guru dalam beradaptasi dengan model pembelajaran dan mengelola proses pembelajaran secara efektif; (3) Hasil uji paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi 0,000, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, thitung sebesar 17,668 sedangkan ttabel 1,703 dan dikuatkan dengan uji N-Gain diperoleh peningkatan hasil belajar 0,6797 berada pada kategori cukup efektif, standar deviasi sebesar 0,126. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op cukup efektif ditinjau dari hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V SD Negeri 12 Rejang Lebong. Kata Kunci : Model, Kooperatif Tipe Co-Op, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2025 08:54 | ||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2025 08:54 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |