Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sd Negeri 06 Merigi

Astra, Ceshelya and Harmi, Hendra and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sd Negeri 06 Merigi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Teks.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ceshelya Astra, NIM. (21591034) “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 06 Merigi, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Media pembelajaran mencakup segala jenis alat yang digunakan oleh pendidik sebagai sarana untuk menyampaikan materi pembelajaran, sehingga materi tersebut dapat diterima oleh peserta didik dengan tepat dan efektif. Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 06 Merigi, ditemukan bahwa beberapa peserta didik kurang fokus selama proses pembelajaran dan cenderung melakukan aktivitas lain yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru. Pendidik sudah berusaha menerapkan berbagai macam model dan metode yang berbeda, namun penerapannya tidak berkelanjutkan dikarenakan antusias peserta didik yang kurang sehingga pendidik kembali menggunakan pembelajaran konvesional serta metode ceramah yang berpengaruh pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi educandy terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 06 Merigi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, menerapkan desain penelitian pra-eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest. Uji coba dilakukan di SD Negeri 72 Rejang Lebong dengan melibatkan seluruh siswa kelas V SD Negeri 06 Merigi sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor Pretest siswa adalah 68,91. Setelah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi educandy, rata-rata skor Posttest siswa adalah 83,78, membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji menggunakan Paired Samples Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada tabel 5.1, nilai thitung tercatat sebesar 20,284 dengan jumlah sampel (N) sebanyak 32. Sementara itu, nilai ttabel untuk N=32 dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah 1,694. Mengingat thitung (20,284) lebih besar atau sama dengan ttabel (1,694), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan aplikasi Educandy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 06 Merigi. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Educandy, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Astra, Ceshelyaceshelya.mhs@iaincurup.ac.id
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:26
Last Modified: 26 Feb 2025 07:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item View Item