Pengaruh Gaya Mengajar Guru Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa (Studi Kelas Vii Smpn 02 Rejang Lebong)

Feni Azahri, Feni and Botifar, Maria and Misriani, Agita (2025) Pengaruh Gaya Mengajar Guru Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa (Studi Kelas Vii Smpn 02 Rejang Lebong). Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI FENI AZAHRI FULL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA (STUDI KELAS VII SMPN 02 REJANG LEBONG) ABSTRAK Dalam bidang pendidikan peran guru sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan siswa, baik sosial, budaya maupun ekonomi. Dalam keseluruhan proses pendidikan guru merupakan faktor utama yang bertugas sebagai pendidik. Permasalahan yang sering ditemui dalam proses belajar mengajar adalah guru menerapakan gaya mengajar yang klasikal, monoton dan berpusat pada guru. Kemudian Pada saat pembelajaran siswa kurang bersemangat dan tidak ada motivasi untuk belajar dengan alasan malas, banyak tugas, dan membosankan. Dalam pelaksanaan pembelajaran lebih banyak mendominasi proses pembelajaran sehingga siswa lebih banyak mengikuti apa yang di instruksikan gurunya. Ketidaksesuaian gaya mengajar guru yang diterapkan dengan materi ajar, sehingga siswa sulit memahami materi. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya mengajar guru terhadap Tingkat kreativitas siswa kelas VII di SMPN 02 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Analisa data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru Bahasa Indonesia terhadap Tingkat kreativitas siswa kelas VII SMPN 02 Rejang Lebong. Berdasarkan hasil analisis data, variable bebas gaya mengajar guru Bahasa Indonesia mampu menerangkan atau memprediksikan variable terikat kreativitas siswa sebesar 0.17%. sisanya sebesar 99.83% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar regresi. Berdasarkan output diatas juga diperoleh nilai R sebesar 0.132. maka dapat disimpulkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara gaya mengajar guru terhadap Tingkat kreativitas siswa. Berdasarkan table output SPSS “Coefficients” diatas diketahui nilai signifikasi variable gaya mengajar guru Bahasa Indonesia adalah sebesar 0.471. karena nilai sig 0.471 > 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak. Artinya tidak ada pengaruh gaya mengajar guru Bahasa Indonesia terhadap Tingkat kreatifitas siswa. Kata kunci: Pengaruh, Gaya Mengajar Guru, Tingkat Kreatifitas Siswa, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Feni Azahri, Fenifeni.mhs@iaincurup.ac.id
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Influence, Teacher Teaching Style, Student Creativity Level, Indonesian
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:33
Last Modified: 26 Feb 2025 03:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8030

Actions (login required)

View Item View Item