Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp N Margatunggal Kabupaten Musi Rawas

Arsil, Arsil and Sahib, Abdul and Haliza, Nur (2025) Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp N Margatunggal Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI NUR HALIZA (1).pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Pada saat ini telah dan sedang dilaksanakan kurikulum 2013 sebagai penyempurnaan dari kurikulum 2006 atau KTSP. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala yaitu sumber/media pembelajaran yang kurang memadai, dan mempunyai kekurangan dalam sistem penilaian karena kurangnya sosialisasi kepada guru tentang kurikulum 2013. Dalam implementasi kurikulum diperlukan manajemen yang efektif dan efisien. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum, evaluasi kurikulum. Dan lokasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah SMP N Margatunggal Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa manajemen kurikulum merupakan suatu sistem kurikulum yang berorientasi pada produktifitas dimana kurikulum tersebut berorientasi pada peserta didik. Kurikulum menjadi pedoman penting dalam pelaksanaan belajar mengajar yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, implementasi serta evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi data dan penafsiran data. Manajemen kurikulum di SMP N Margatunggal dimulai pertama perencanaan yang meliputi strategi pembelajaran, materi, dan modul ajar. Perencanaan kurikulum yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan guru. Kedua, pengorganisasian yang meliputi pola dan bentuk bahan pelajaran atau isi materi. Pengorganisasian kurikulum di SMP N Margatunggal tertulis secara srtuktural yang didalamnya melibatkan unsur guru, Kepala Sekolah, Tata Usaha. Ketiga, pelaksanaan yang meliputi metode pembelajaran. Pelaksanaan kurikulum di SMP N Margatunggal menggunakan dua kurikulum, yaitu 2013 dan merdeka. Untuk kurikulum 2013 diberlakukan untuk kelas VIII dan IX, sedangkan kurikulum merdeka diberlakukan dikelas VII. Keempat, evaluasi yang meliputi kelulusan siswa, hasil ujian akhir dan pengisian raport. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan hafalan. Media pembelajaran yang digunakan yaitu alat peraga, benda-benda di lingkungan sekitar dan buku paket siswa. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Mutu Pembelajaran, Kualitas Pendidikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arsil, Arsilarsil@iaincurup.co.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Haliza, Nurnurhaliza.std@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:36
Last Modified: 26 Feb 2025 02:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item