Analisis Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas IX Di SMP IT KU Rejang Lebong

Hafiedh, Ihsan and Suprapto, Suprapto and Hartati, Meri (2025) Analisis Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas IX Di SMP IT KU Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.

[img] Text
.ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IX DI SMP IT KU REJANG LEBONG.docx - Accepted Version

Download (4MB)
[img] Text
ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IX DI SMP IT KU REJANG LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMPIT KU Rejang Lebong dalam pelaksanaan pembelajarannya SMPIT KU Rejang Lebong menerapkan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) kurikulum yang mengintegrasikan dengan kurikulum Konten Lokal Nasional yang berbasis pada pendidikan Islam, yang meliputi kurikulum Nasional (Kemendikbud). kurikulum kemenag dan kurikulum JSIT. Rumusan masalah dari penelitian ini: Pertama Bagaimana implementasi kurikulum JSIT pada pengelolaan kegiatan pembelajaran di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong, Kedua, Bagaimana pengelolaan pendidikan karakter di SMPIT Khairu Ummah, Ketiga. Bagaimana Pengelolaan pembelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter utamanya karakter religius seperti percaya kepada Tuhan saling menghormati dan bertaqwa. Guna menemukan jawaban tersebut penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan lokasi penelitiannya di SMPIT Khoiru Ummah dengan sumber data utama diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan melakukan triangulasi data Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Penerapan kurikulum JSIT dapat membentuk karakter religius iswa SMPIT Khoiru Ummah hal ini terbukti dengan diinternalisasikannya nilai-nilai keislam pada semua mata pelajaran, konten lokal dan kurikulum program, 2) muatan dan program kurikulum JSIT berbentuk, training workshop, BPI, PRAMUKA SIT, mabit. rihlah, Muraja'ah hafalan Alqur'an, putsal, dhuha, English Club, Karya Ilmiah Remaja, MTQ, kerohanian, tahsin dan tahfiz, 3) Kelebihan kurikulum JSIT adalah: siswa dapat menguasal ilmu pengetahuan umum juga ilmu pengetahuan agama keislaman, tercapainya kompetensi khusus yang harus dimiliki, siswa mampu melakukan pengabdian diri kemasyarakat berupa mengajar ngaji mampu menghafal 3 juz alQur*an dan siswa lebih mudah diarahkan. Selain itu pengaruh negatif anak diluar sekolah terkurangi karena waktu anak untuk sekolah lebih panjang. Adapun kekurangan dari kurikulum JSIT adalah terkesan memaksa terhadap diri siswa, memaksa guru dalam pembuatan RPP harus sesuai dengan kekhasa JSIT, jam belajar yang begitu padat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hafiedh, Ihsanihafiedh@iaincurup.ac.id
Suprapto, SupraptoUNSPECIFIED
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 25 Feb 2025 04:25
Last Modified: 25 Feb 2025 04:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7962

Actions (login required)

View Item View Item