Fitriani, Tiara and Hermi, Hendra and Botifar, Maria (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Di Smp Negeri Margatunggal. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Tiara Fitriani- Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri Marga Tunggal.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tiara Fitriani NIM. 21541031 “ Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) terhadap Minat dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri Margatunggal “ Skripsi Program Studi Tadris Bahasa Indonesia ( TBIn) Penelitian ini dilatar belakangi oleh Siswa menunjukkan minat dan keinginan yang rendah untuk belajar. Selain itu, banyak siswa mengeluhkan proses pembelajaran yang tidak menarik dan membosankan, yang menjadi dasar penelitian ini. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap Minat dan Motivasi Belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang diguanakan adalah quasi eksperimental dan jenis penelitian yang digunakan adalah Nonequvelent Control Group Desain Sampel penelitian ini aalah siswa/I kelas VIII. Teknik pengumpulan data dengan test ( pretest dan posttest ). Teknis analisis data dengan uji Normalitas, uji homogenitas dan uji Hipotesis Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan: 1) Hasil data yang dilakukan sebelum menggunakan metode pembelajaran PjBL, diperoleh data tes minat dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN Margatunggal. Menunjukan bahwa dari 25 siswa terdapat 2 siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori rendah. Pada kategor cukup terdapat 11 orang siswa. Pada katagori tinggi terdapat 9 orang siswa dan pada kategori sangat tinggi terdapat 3 orang siswa. 2) Hasil tes minat dan motivasi belajar bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN Margatunggal setelah menggunakan metode PjBL, Menunjukan bahwa dari 25 siswa ada 20 siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori sangat tinggi dan 4 orang yang mendapatkan nilai dengan kategori tinggi serta 1 orang yang mendapat nilai dengan kategori cukup.3)Pengaruh media pembelajaran PjBL terhadap minat dan motivasi belajar bahasa indonesia di SMPN Margatunggal, menujukan bahwa nilai signifikan yang ditampil dalam tabel Sig.( 2tailed ) sebesar 0,000 < 0,05. Namun berdasarkan hasil analisis thitung dalam penelitian ini adalah 5.308 dengan n 25 sedangkan nilai ttabel untuk n = 25 dengan tariff signifikan α = 0,05 sebesar 1,705 dengan kemudia nilai thitung > ttabel ( 5.308 > 1.705 ) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak Kata Kunci : Metode Pembelajaran PjBL, Minat Dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 00:58 | ||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 00:58 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |