Analisis Program Hipnoterapi Dalam Membangun Perilaku Sosial Siswa Di Sdit Khoiru Ummah Rejang Lebong

oktavia, Leni and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2025) Analisis Program Hipnoterapi Dalam Membangun Perilaku Sosial Siswa Di Sdit Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI leni Oktavia.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK LENI OKTAVIA, NIM. 21591113, “Analisis Program Hipnoterapi Dalam Membangun Perilaku Sosial Siswa Di SD IT Khoiru Ummah Rejang Lebong”, Skripsi pada program Studi pada Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena degradasi moral tidak hanya dipandang sebagai kemerosotan jati diri bangsa, namun juga kemerosotan nilai dan kualitas hidup. Pendidikan yang dibutuhkan pada zaman sekarang ini tidak lagi sekedar soal akademik dan kualitas intelektual, tapi juga pendidikan moral, perilaku sosial. Perilaku sosial siswa pada dasarnya dapat teramati ketika siswa berinteraksi dengan orang lain. Ada beberapa macam bentuk tingkah laku sosial yaitu prososial, altruisme, dan agresivitas. Berangkat dari hal tersebut, penelitian mengenai membangun prilaku sosial melalui program hipnoterapi di SD IT Khoiru Ummah Rejang Lebong sebagai bagian dari menangulangi perilaku sosial yang berbeda-beda pada siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan program hipnoterapi dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membangun perilaku sosial siswa di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek Penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas serta murid kelas VI.c. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan Trigulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bentuk pelaksanaan program hipnoterapi dalam membangun perilaku sosial siswa di SD IT Khoiru Ummah Rejanf Lebong menggunakan dua pendekatan yaitu (a) pendekatan klasikal , (b) pendekatan privat. Fakor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan program hipnoterapi dalam membangun perilaku sosial siswa di SD IT Khoiru Ummah Rejang Lebong, diantaranya: (a) Faktor Pendukung, yakni : Program sekolah, Kerjasama guru, Kesediaan data siswa. (b) Faktor Penghambat yakni: Kurangnya Pemahaman guru tentang hipnoterapi, kebisingan, perilaku siswa. Kata Kunci : Hipnoterapi, Perilaku Sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
oktavia, Lenileni.mhs@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iain.curup.ac.ad
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:25
Last Modified: 21 Feb 2025 07:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7904

Actions (login required)

View Item View Item