Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Rohana Kudus Serta Relevansinya Terhadap Fitrah Bakat Dan Kepemimpinan Anak Usia Sekolah Dasar

Agnesia, Clara and Azwar, Beni and Oktori, Agus Riyan (2025) Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Rohana Kudus Serta Relevansinya Terhadap Fitrah Bakat Dan Kepemimpinan Anak Usia Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI CLARA AGNESIA .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Clara Agnesia (21591039): “Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Rohana Kudus Serta Relevansinya Terhadap Fitrah Bakat dan Kepemimpinan Anak Usia Sekolah Dasar”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Sejatinya pendidikan adalah usaha sadar serta bentuk kebebasan setiap individu untuk memperoleh haknya sebagai manusia. Rohana Kudus adalah penjuang kesetaraan pendidikan, dalam konsep pendidikan yang Rohana bangun dengan tujuan pemberdayaan ditemukan beberapa relevansinya terhadap fitrah bakat dan kepemimpinan anak usia sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsep pendidikan dalam pemikiran Rohana Kudus serta relevansinya dengan fitrah bakat dan kepemimpinan anak usia sekolah dasar. Kajian penelitian ini dilakukan guna menjawab pokok rumusan: (1) Bagaimana konsep pendidikan dalam pemikiran Rohana Kudus, (2) Bagaimana relevansinya dengan fitrah bakat anak usia sekolah dasar, (3) Bagaimana relevasinya dengan fitrah kepemimpinan anak usia sekolah dasar. Penelitian ini memakai metode studi pustaka (library research) yang datanya berasal dari sumber Primer dan sumber Sekunder, yaitu buku dan dokumen mengenai pemikiran dan gerakan Rohana Kudus serta buku maupun dokumen mengenai fitrah bakat dan kepemimpinan yang selanjutnya dianalisis. Dengan fokus utama penelitian pada buku karya Tamar Djaja yaitu Rohana Kudus Riwayat Hidup Dan Perjuangannya. Berdasarkan hasil kajian dan analisis peneliti, ditemukan hasil yaitu: (1) Dalam pemikiran Rohana Kudus pendidikan adalah hak setiap orang. Ia menganggap bahwa pendidikan merupakan hal penting untuk menjadi landasan hidup. Dalam konsep pendidikan Rohana Kudus tercermin pendidikan yang memberdayakan, pendidikan sebagai sarana peningkatan kualitas hidup dan pendidikan menjadi upaya perubahan sosial, serta pendidikan karakter dan moral (2) Relevansi konsep pendidikan dalam pemikiran Rohana Kudus terhadap fitrah bakat adalah pendidikan berfokus pada pengembangan potensi peserta didik secara optimal dan mengendepankan pembelajaran yang relevan (3) Relavansi konsep pendidikan dalam pemikiran Rohana Kudus terhadap fitrah kepemimpinan ialah berfokus pada perkembangan peserta didik, penanaman nilai kerjasama dan demokratis serta menciptakan pembelajaran yang aktif. Kata Kunci: Pendidikan, Rohana Kudus, Fitrah Bakat dan Kepemimpinan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agnesia, Claraclara.mhs@iaincurup.ac.id
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:29
Last Modified: 21 Feb 2025 07:29
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item