Fika Herlina, Fika and Sutarto, Sutarto and Siswanto, Siswanto (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Man Rejang Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
FIKA HERLINA.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
IMPLEMETASI KURIKULUM MEREKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN REJANG LEBONG Fika Herlina 20531062 ABSTRAK Kurikulum merdeka belajar merupakan kebijakan pendidikan yang memberikan kebebasan bagi sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi lokal. Meskipun dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan meningkatkan kualitas pembelajaran, implementasi kurikulum ini belum sepenuhnya berjalan sesuai harapan, terutama dalam penerapannya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits serta siswi kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu, Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Rejang Lebong dimana guru menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Mengembangkan Modul Ajar Al-Qur’an Hadits. Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka dilaksanakan asesmen diagnostic di awal pembelajaran, pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti ceramah, diskusi, proyek dan teknologi, serta refleksi untuk memastikan pemahaman siswa. Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits menggunakan asesmen formatif dan sumatif, yang mendukung pengembangan kompetensi siswa secara menyeluruh, memantau kemajuan dan menilai pencapaian akhir siswa dengan pendekatan yang inklusif. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits. | ||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:25 | ||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2025 09:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |