Ayu, Melisa and Fakhruddin, Fakhruddin and Siswanto, Siswanto (2025) Implementasi pembelajaran metode tandur dalam menguatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa di smpn 3 rejang lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Skripi_Melisaa_new EDIT (3)(1).pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
IMPLEMETASI PEMBELAJARAN METODE TANDUR DALAM MENGUATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMPN 3 REJANG LEBONG Melisa Ayu 20531098 ABSTRAK Penelitian ini mengkaji Implementasi Pembelajaran Metode Tandur Dalam Menguatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Rejang Lebong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa Efektif Pembelajaran Metode Tandur Mampu Menguatkan Hasil Belajar Siswa Dan Bagaimana Implementasinya Di SMP Negeri 3 Rejang Lebong. Fokus dalam penelitian adalah untuk melihat bagaimana implementasi metode tandur dalam menguatkan hasil belajar pada ranah Kognitif, Afekif, dan Psikomotorik pada mata Pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 3 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung, dan wawancara terstruktur untuk mendapatkan pemahaman yang kompetitif tentang implementasi metode Tandur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan metode Tandur memperoleh hasil belajar yang lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa metode Tandur efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi PAI siswa di SMPN 3 Rejang Lebong baik pada ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Penerapan metode Tandur juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan, serta membantu siswa dalam memahami konsep – konsep PAI secara mendalam. Dengan menerapkan metode ini, diharapkan siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Kata Kunci: metode Tandur, Pendidikan Agama Islam, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:38 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7857 |
Actions (login required)
View Item |