PENGARUH MODEL PROJEC BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMKIT KU CURUP

Nadia Latifa, Nadia and Khair, Ummul and Latifa Irsal, IRNI (2024) PENGARUH MODEL PROJEC BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMKIT KU CURUP. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
bismilahirohmanirohim skripsi nadia (1) (1).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMKIT KU CURUP Oleh Nadia Latifa (20541029) ABSTRAK Siswa mengalami beberapa kendala dalam proses pembelajaran pada materi laporan hasil observasi di karnakan guru sering menggunakan model konvensional ceramah dan menoton. dimana kelas DKV 70,14% dibawah KKM dan 20,86% diatas KKM, dielas OTKP 75,00% dibawah KKM dan 25,00% diatas KKM. Oleh karna itu peneliti bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model konvensional materi laporan hasil observasi SMKIT KU Curup. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah dan setelah mengunakan model Model Project Based Leraning (PJBL) materi laporan hasil obsevasi SMKIT KU Curup. 3) Untuk mengetahui apakah model Model Project Based Leraning (PJBL) berpengaruh pada hasil belajar praktik laporan hasil observasi siswa SMKIT KU Curup Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Exsperimen (Eksperimen Semu). Desain penelitian ini adalah non equivalent kontrol group desain (desain semi eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Kelas X OTKP dan DKV (25 siswa) sebagai eksperimen menggunakan model project based learning, sedangkan kelas X TBSM (14 siswa) sebagai control menggunakan model konvensional, pretest dan posttets dilakukan di kedua kelas. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Hasil belajar siswa yang belajar dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. 2) Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen, yang menggunsksn model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di kelas control yang menggunakan model konvensional. Perbedaan ini terlihat dari hasil yang diperoleh dimana kelas eksperimen menunjukan hasil yang lebih baik. 3) berdasarkan hasil uji hipotesis penggunaan model project based learning dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi laporan hasil observasi. Kata Kunci : Project Based Learning (PJBL), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nadia Latifa, Nadianadiamhs@iaincurup.ac.id
Khair, Ummulummulkhair1213@gmail.com
Latifa Irsal, IRNIirni.latifa@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PJBL), Hasil Belajar
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:04
Last Modified: 14 Jan 2025 03:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7832

Actions (login required)

View Item View Item