Implementasi Metode Iqro Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Kelas Ar-Rahim RA Tunas Literasi Qur'ani Desa Tasikmalaya Rejang Lebong

Agustina, Nadila and Amrillah, HM Taufik and Hartati, Meri (2024) Implementasi Metode Iqro Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Kelas Ar-Rahim RA Tunas Literasi Qur'ani Desa Tasikmalaya Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

NADILA AGUSTINA,NIM.20511019 “Implementasi Metode Iqro Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyyah Di Kelas Ar-Rahim Ra Tunas Literasi Qur’ani Desa Tasikmalaya Rejang Lebong”Skripsi Pada Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN CURUP Pengenalan huruf hijaiyyah pada anak usia dini,yaitu agar anak-anak RA Tunas Literasi Qur’ani dapat mengenal huruf hijaiyyah. Pengenalan huruf hijaiyyah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan adapun teknik yang dapat digunakan yakni metode iqro .RA Tunas Literasi Qur’ani Memperkenalkan huruf hijaiyyah masih beberapa belum secara optimal. Tujuan untuk Mendekripsikan perencanaan yang di gunakan pada implementasi metode iqro dalam pengenalan huruf hijaiyyah pada anak usia dini di kelas Ar-Rahim RA Tunas Literasi Qur’ani dan untuk mendekripsikan pelaksanaan yang digunakan pada implementasi metode iqro dalam pengenalan huruf hijaiyyah pada anak usia dini di kelas Ar-Rahim RA Tunas Literasi Qur’ani. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan informasi yang komprehensif dan rinci berkaitan dengan tujuan penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain dari kepala sekolah RA Tunas Literasi Qur'ani, serta para pengajar di kelas Ar-Rahim. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode, antara lain teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perencanaan pengenalan huruf hijaiyah dengan metode iqra di RA Tunas Literasi Al-Qur'ani telah berlangsung selama 2 tahun. Implementasinya didokumentasikan dalam rencana kegiatan harian yang telah disusun guru dalam modul pengajaran dan RPP.Pelaksanaan pengajaran huruf hijaiyah dengan metode iqra melibatkan pengajaran langsung dari instruktur yang mengajarkan huruf hijaiyah secara individu dan tatap muka. Guru juga membaca buku iqra setiap hari. Selain itu, guru memberikan contoh kepada siswa dan mengoreksi kesalahan pengucapan huruf hijaiyah. Kata Kunci: Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, Metode Iqro, Pelaksanaan Pengajaran Huruf Hijaiyyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustina, Nadilanadila.agustina@iaincurup.ac.id
Amrillah, HM Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun9 Nadila Agustina akun9
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:04
Last Modified: 10 Jan 2025 08:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item