Upaya Guru Dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa Kelas V Melalui Pembentukan Karakter Di Sdn 32 Rejang Lebong

ALIA, YURNI and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2024) Upaya Guru Dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa Kelas V Melalui Pembentukan Karakter Di Sdn 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Skripsi_Yurni_Alia .pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Yurni Alia, NIM. 20591217 “Upaya Guru Dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa Kelas V Melalui Pembentukan Karakter di SDN 32 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Peningkatan rasa percaya diri siswa merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar serta perkembangan sosial emosional siswa. Pada kenyataannya, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan rasa percaya diri mereka, terutama di usia sekolah dasar. Hal ini juga terlihat pada siswa kelas V di SDN 32 Rejang Lebong, yang fsebagian besar belum menunjukkan rasa percaya diri yang optimal, baik dalam berinteraksi dengan teman sebaya maupun dalam kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh guru dalam peningkatkan rasa percaya diri siswa kelas V melalui pembentukan karakter di sekolah tersebut dan apa saja hambatan atau kendala serta faktor pendukung dalam peningkatan percaya diri siswa melalui pembentukan karakter. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, Data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Upaya guru dalam peningkatan percaya diri siswa kelas V melalui pembentukan karakter di SDN 32 Rejang Lebong: a. Menerapkan beberapa program salah satunya adalah program bersinar atau berani, santun dan inspiratif pembentukan karakter yang melibatkan nilai-nilai seperti disiplin, tanggung jawab, dan rasa hormat, b. guru mengikuti pelatihan pengembangan diri terkait pembentukan karakter siswa c. memberikan kesempatan siswa berpartisipasi aktif dalam kelas, 2) Faktor pendukung Upaya guru dalam peningkatan percaya diri siswa kelas V melalui pembentukan karakter di SDN 32 Rejang Lebong :.a. guru sebagai pembimbing dan motivator b. lingkungan keluarga yang mendukung. Faktor penghambatnya adalah : a. perbedaan karakteristik siswa, b. hambatan status social,. Secara keseluruhan, pembentukan karakter yang dilakukan oleh guru di SDN 32 Rejang Lebong terbukti efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa, yang juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mereka. Kata Kunci: Upaya Guru, Peningkatan Percaya Diri, Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
ALIA, YURNIyurnialia.std@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:07
Last Modified: 06 Jan 2025 02:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

View Item View Item