Mega Rahmayani, sri Tri and Gunawan, Guntur and Amrillah, H.M Taufik (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Materi Teks Cerita Rakyat Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM.
Text
SKRIPSI REVISI RAHMA BARUlg (2) - FULL.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Tri Mega Rahmayani, NIM.20591185 “Pengaruh Model Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Materi Teks Cerita Rakyat Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia)” Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan berpusat pada guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran Word Square, 2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan model pembelajaran Word Square, 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Jenis penelitian adalah kuantitatif, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen atau dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group design, yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V. Dengan populasi sebanyak 108 siswa dan sampel 48 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas V-A dan V-B. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t) Independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 60.80, sedangkan untuk rata-rata kelas kontrol sebesar 61.69, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol masih dibawah rata-rata sekolah yaitu 75. Kemampuan akhir atau kemampuan peserta didik setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 83.60, sedangkan untuk rata-rata kelas kontrol sebesar 76.09. Disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan karena diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang, yang dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Model Word Square, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:31 | ||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:31 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7791 |
Actions (login required)
View Item |