Fadhila, Maura Chalwa and Nurmal, Ifnaldi and Hartati, Meri (2024) Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MIS As Sidiq Giriyoso Kecamatan Jayaloka. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses guru dan hambatan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran guided note taking (gnt). Penelitian ini dilatar belakangi di MIS As-Sidiq Giriyoso yang sudah menerapkan strategi pembelajaran guided note taking (gnt) ini, ada beberapa permasalahan yang penulis temukan di dalam proses guru yang menerapkan langkah-langkah strategi pembelajaran guided note taking (gnt) belum terlaksanakan secara lengkap seperti perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Dan beberapa hambatan guru menggunakan strategi pembelajaran guided note taking (gnt) yang belum terlihat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan ( field research ) dan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Tiga langkah analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Proses guru menggunakan strategi pembelajaran guided note taking dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV meliputi: 1) perencanaan pembelajaran. Sebelum melakukan pelaksanaan pembelajaran beberapa langkah yang harus guru persiapkan seperti membuat modul. Dalam membuat modul ada tiga proses pembelajaran yaitu, pra pembelajaran, proses pembelajaran ( yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup), dan pasca pembelajaran; 2) pelaksanaan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan strategi guided note taking terdapat tiga proses pembelajaran yaitu, kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; 3) penilaian pembelajaran. Dalam kegiatan ini ada tiga proses penilaian pembelajaran yang guru lakukan yaitu, nilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kedua, hambatan pada guru dalam menggunakan strategi pembelajaran guided note taking (gnt) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Yaitu: kesulitan guru dalam membuat bahan ajar, pemilihan kata dan konsep yang tepat, evaluasi soal yang menarik, penjabaran materi yang mudah dipahami, dan terakhir aktivitas siswa yang kurang aktif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:21 | ||||||||
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:21 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7769 |
Actions (login required)
View Item |