Pengaruh Penggunaan Modul IPAS Berbasis QR Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Sungai Dangku

Novianti, Anggun and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Penggunaan Modul IPAS Berbasis QR Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Sungai Dangku. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 1 Sungai Dangku pada mata pelajaran IPAS, yang disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa menggunakan buku paket, serta cara guru menyajikan materi kepada siswa yang tidak mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbandingan rata rata kemampuan awal dan akhir dari hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 1 Sungai Dangku. 2) Mengetahui pengaruh dari penggunaan modul IPAS berbasis QR-code terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sungai Dangku. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design penelitian Pre-Eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Sungai Dangku, dengan jumlah sampel sebanyak 23 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh dengan teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 63 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari hasil nilai preteset ke nilai posttset yaitu sebesar 27%. Hasil belajar siswa meningkat setelah adanya penggunaan modul IPAS berbasis QR code dalam proses pembelajaran; 2) Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh penggunaan modul IPAS berbasis QR-Code terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sungai Dangku. Dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0.05 menurut kriteria uji test jika nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil atau kurang dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Modul IPAS Berbasis QR-Code, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novianti, Anggunanggunnovianti@iaincurup.ac.id
Wahyuningsih, Wiwin Arbaniwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:31
Last Modified: 15 Jan 2025 04:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7762

Actions (login required)

View Item View Item