Analisis Kompetensi Guru BK Dalam Memanfaatkan Media Teknologi Pada Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang

Gusti, Yulia and Warsah, Idi and Saputra, Hasep (2024) Analisis Kompetensi Guru BK Dalam Memanfaatkan Media Teknologi Pada Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULLTEKS.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Yulia Gusti, NIM.20811018, Analisis Kompetensi Guru BK Dalam Memanfaatkan Media Teknologi Pada Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang, Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), 2024. 115 halaman. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan krusial dalam pendidikan. Hal ini ditandai adanya syarat kompetensi atau standar bagi guru untuk menguasai penggunaan teknologi. Guru BK dituntut menguasai teknologi digital dalam layanan BK. Fakta dilapangan menunjukan masih banyak guru BK belum mengoptimalkan pemanfaatan media teknologi dalam layanan konseling. sehingga berdampak pada efektifitas dan efisensi bimbingan konseling di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru BK, kepala sekolah, dan siswa. Metode pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan, kompetensi guru BK memanfaatkan media teknologi pada layanan bimbingan konseling di sekolah Tingkat Menengah Kepahiang adalah guru BK sudah memanfaatkan media teknologi berupa Whatshapp, Google Classroom, Google Form dan Vidio Pembelajaran. Pemanfaatan media teknologi untuk melaksanakan kegiatan layanan klasikal, layanan konseling individual dan asesmen bimbingan konseling. Dampak pemanfaatan media teknologi dalam layanan bimbingan konseling di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang terselenggaranya layanan BK yang interaktif, fleksibel, terjadinya komunikasi efektif antara guru BK dan siswa, Proses analisis data menjadi lebih mudah. Secara keseluruhan dampak pemanfaatan media teknologi pada layanan bimbingan konseling meningkatkan kualitas dan efektifitas bimbingan konseling. Hambatan guru BK memanfaatkan media teknologi pada layanan BK di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang adalah jaringan internet, fasilitas sekolah dan masih terbatasnya kompetensi teknologi guru BK. Kata Kunci : Guru bimbingan konseling, Media teknologi

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Gusti, Yuliayulia.mhs@iaincurup.ac.id
Warsah, Idiidiwarsah@iaincurup.ac.id
Saputra, Hasephasepsaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:21
Last Modified: 10 Oct 2024 03:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item