Permasalahan Bullying Yang Dialami Siswa Dan Rencana Tindak Lanjut Guru Pembimbing Dalam Menyikapinya (Studi di SMP Negeri 1 Kepahiang)

Utami, Febriani Putri and Sari, Dewi Purnama and Ristianti, Dina Hajja (2024) Permasalahan Bullying Yang Dialami Siswa Dan Rencana Tindak Lanjut Guru Pembimbing Dalam Menyikapinya (Studi di SMP Negeri 1 Kepahiang). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PERMASALAHAN BULLYING YANG DIALAMI SISWA DAN RENCANA TINDAK LANJUT GURU PEMBIMBING DALAM MENYIKAPINYA (STUDI DI SMP 1 KEPAHIANG).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perilaku Bullying Yang Dialami Siswa, 2) Latar belakang Bullying Yang Dilakukan Siswa, 3) Rencana Tindak Lanjut Guru Pembimbing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan cara mengumpul data dan cara menganalisisnya ditarik suatu kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kepahiang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara ini dilakukan kepada guru BK, Siswa yang mengalami bullying, dan siswa yang melakukan bullying. Hasil penelitian dari Permasalahan Bullying Yang Dialami Siswa Dan Rencana Tindak Lanjut Guru BK Dalam Menyikapinya (Studi di SMP Negeri 1 Kepahiang) yaitu : 1) Perilaku bullying yang di alami siswa SMPN 1 Kepahiang yaitu siswa mengalami bullying verbal, seperti dipanggil dengan sebutan nama yang tidak baik, seperti mengolok-olok, celaan, dan fitnah, ada juga sebagian yang mengalami bullying fisik, seperti mendorong, menginjak, menabrak dengan bahunya, menarik jilbab, dan bullying psikologis seperti mengucilkan dan tidak dianggap keberadaannya dalamkelompok. 2) Perilaku bullying yang dilakukan siswa SMP N 1 Kepahiang yaitu bullying verbal, seperti memanggil nama teman dengan sebutan yang tidak baik, membicarakan tentang kekurangan si korban, berbicara kasar, kemudian bullying psikologis seperti menjauhi dan mengucilkan si korban, dan bullying fisik seperti, mendorong, menginjak kaki, serta menarik jilbab korban, . 3) Rencana tindak lanjut guru BK terhadap siswa yang mengalami bullying dan siswa yang melakukan bullying yaitu dengan memberikan jenis layanan konseling individu, konseling kelompok, mediasi, dan konsultasi. Kemudian guru BK memberikan materi kepada siswa yaitu kepada siswa yang mengalami bullying dan kepada siswa yang melakukan bullying. Kata Kunci : Perilaku Bullying, Rencana Tindak Lanjut Guru Pembimbing

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Utami, Febriani Putrifebrianiutami.mhs@iaincurup.ac.id
Sari, Dewi Purnamadewipurnamasari@iaincurup.ac.id
Ristianti, Dina Hajjadinahajja@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:48
Last Modified: 09 Oct 2024 01:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item View Item