“Implementasi Etika Bisnis Islam pada Produk Umkm di Desa Bukit Barisan”

AJI SAPUTRA, REDO and Noprizal, Noprizal and Andriko, Andriko (2024) “Implementasi Etika Bisnis Islam pada Produk Umkm di Desa Bukit Barisan”. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Skripsi REDO AJI SAPUTRA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Produk Umkm Di Desa Bukit Barisan Oleh : Redo Aji Saputra (NIM) Sebagai seorang Muslim, tentulah manusia dihadapkan pada batasan-batasan dalam bertindak yakni salah satunya dalam kegiatan ekonomi khususnya dalam bidang bisnis dengan memperhatikan berbagai etika bisnis yang ada dalam Islam. Etika bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai Islam, sehingga dalam melaksanakan bisnisnya tidak perlu ada kekhawatiran, sebab sudah diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar. Dalam penelitian ini, masalah yang dibahas meliputi dua hal yaitu bagaimana praktek produksi marning UMKM di Desa Bukit Barisan dan bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada produk marning oleh UMKM di Desa Bukit Barisan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi awal, wawancara secara langsung dan dokumentasi terkait penelitian, informan dalam penelitian ini merupakan para pelaku UMKM khususnya pedagang marning yang ada di Desa Bukit Barisan. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, dari segi kejujuran mereka selalu mengupayakan yang terbaik bagi konsumen mereka melalui produk yang mereka jual dengan menjamin kehalalan produk tersebut. Kedua, para pelaku UMKM di desa Bukit Barisan ini selalu senantiasa mengupayakan produk terbaik bagi para konsumen maupun pelanggannya dengan cara menjaga kualitas dan pelayanan pada produk agar tidak mengecewakan dan yang terakhir yaitu para pelaku UMKM ini selalu berusaha untuk menjaga eksistensi produk mereka dipasaran dengan cara terus menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan. Kata Kunci: Implementasi, Etika Bisnis, UMKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
AJI SAPUTRA, REDOredo.mhs@iaincurup.ac.id
Noprizal, NoprizalNoprizal@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:59
Last Modified: 30 Sep 2024 07:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7746

Actions (login required)

View Item View Item