Andriansyah, Andriansyah and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2024) Kompetensi Guru Perspektif Buku Guru Sepanjang Waktu Karya Solikhin Abu Izzuddin. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
FULL TEXT1.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Dalam beberapa kasus, pelatihan dan pengembangan guru belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ini. Selain itu, terkadang perhatian lebih banyak diberikan pada aspek pengetahuan daripada pada pengembangan kompetensi kepribadian guru. Oleh karena itu, penting untuk memahami pentingnya kompetensi guru dan bagaimana kompetensi ini dapat ditingkatkan untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik bagi siswa. Adapun penelitian ini bertujuan agar peneliti dapat memahami dan mengetahui kompetensi guru menurut Solikhin Abu Izzuddin dalam buku “guru sepanjang waktu”. Kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab permasalahan yakni bagaimana kompetensi guru dalam buku guru sepanjang waktu menurut Solikhin Abu Izzuddin?. Permasalahan tersebut dikaji melalui metode kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data dari sumbernya yaitu Sumber Primer yaitu sumber utama, dalam kajian ini sumber utamanya adalah buku-buku karya Solikhin Abu Izzuddin dan Sumber Sekunder adalah daya yang mendukung data primer yang berasal buku dan jurnal yang mendukung penelitian. Dari pengumpulan data tersebut, maka kemudian dilakukan sebuah analisis. Dengan fokus utama penelitian pada pemikiran tokoh Solikhin Abu Izzuddin melaui karya-karyanya. Dari hasil penelitian dan pengkajian yang dilakukan peneliti maka membuahkan halis bahwa kompetensi guru merupakan perilaku rasional untuk mencapai tujuan yang dipersyaratkan sesuai dengan kondisi dipersyaratkan. Dengan kata lain, kompetensi guru dapat dipahami sebagai kecakapan atau kemampuan. Dan dalam kompetensi guru juga termuat 4 unsur yaitu pertama Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam memahami peserta didik, Dan dalam kompetensi guru juga termuat 4 unsur yaitu pertama Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam memahami peserta didik, Ketiga Kompetensi professional yaitu penguasaan terhadap materi pembelajaran dengan lebih luas dan mendalam. Dan terakhir adalah Kompetensi sosial yaitu kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru untuk berkomunikasi dan bergaul dengan tenaga kependidikan, peserta didik,orang tua peserta didik, dan masyarakat di sekitar sekolah. Kata Kunci: Kompetensi guru, Buku Guru Sepanjang Waktu, Solikkhin Abu Izzuddin.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:30 | ||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:30 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7742 |
Actions (login required)
View Item |