Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMAN 8 Rejang Lebong

YUSMIATI, ULVA and Arsil, Arsil and Siswanto, Siswanto (2024) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMAN 8 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Fulltext Skripsi Ulva Yusmiati_1.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ulva Yusmiati NIM. 20561035 “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 8 Rejang Lebong”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan belum maksimalnya kinerja tenaga kependidikan. Guna meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 8 Rejang Lebong, maka perlu dilakukan strategi dari kepala SMA Negeri 8 Rejang Lebong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 8 Rejang Lebong dan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 8 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, kepala tata usaha, staf administrasi dan staf tata usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kinerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 8 Rejang Lebong sudah optimal pada segi keandalan kemampuan memberikan pelayanan adanya standart operasional prosedur. Kualitas kerja pada tanggung jawab terhadap tugas-tugas sebelumnya kepala sekolah memberikan penjelasan mengenai Tupoksi. Kedisiplinan kehadiran dalam hal produktivitas waktu datang dan waktu pulang jam kerja kepala tata usaha, staf administrasi, dan staf tata usaha sudah baik hal ini berkaitan dengan fungsi kepala sekolah sebagai evaluator yang melakukan pengukuran pada kehadiran, sebagai supervisor yang berkewajiban memberikan pengarahan serta bimbingan terhadap semua tenaga kependidikan, dan sebagai motivator dalam memberikan motivasi kepada tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kedua, strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 8 Rejang Lebong sudah dilakukan dengan cukup baik, dengan dibuktikan dari beberapa strategi pelatihan dan pengembangan profesional, seperti mengikutsertakan pada pelatihan IHT (In House Training) dan pelatihan Srikandi. Pemberian motivasi dan pemberian penghargaan. Dengan adanya strategi kepala sekolah yang baik akan meningkatkan kinerja bagi tenaga kependidikan. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Tenaga Kependidikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
YUSMIATI, ULVAulvayusmiati.mhs@iaincurup.ac.id
Arsil, Arsilarsil@iaincurup.co.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:00
Last Modified: 27 Sep 2024 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7734

Actions (login required)

View Item View Item