Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas XI MAN Rejang Lebong

Agustin, Sherly Wahyu and Putri, Dini Palupi and Rahmadeni, Fevi (2024) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas XI MAN Rejang Lebong. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas XI MAN Rejang Lebong (122).

[img] Text
Skripsi Sherly Wahyu Agustin.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu ditingkatkan untuk memudahkan peserta didik dalam memecahkan sebuah permasalahan. Menurut Teori Wankait dan Oreovicz tahap-tahap dalam menyelesaikan pemecahan masalah ada 7 yaitu, saya mampu atau bisa, mendefinisikan, mengeksplorasi, merencanakan, mengerjakan, mengoreksi kembali dan generalisasi. Dalam pembelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah ini dirasa penting. Siswa dilatih bukan hanya untuk memahami, tetapi juga siswa dilatih agar bisa memecahkan suatu masalah tingkat tinggi seperti soal HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS yang ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Rejang Lebong dengan 6 sampel yang terdiri dari 2 siswa kemampuan pemecahan masalah tinggi, 2 siswa kemampuan pemecahan masalah sedang dan 2 siswa kemampuan pemecahan masalah rendah. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Pada siswa berkemampuan pemecahan masalah tinggi, siswa mampu menguasai 6 indikator kemampuan pemecahan masalah teori Wankat dan Oreovicz yaitu, saya bisa, mendefinisikan, mengeksplorasi, mengerjakan, mengoreki kembali, dan generalisasi. (2) Pada siswa berkemampuan pemecahan masalah sedang, siswa mampu menguasai 3 indikator kemampuan pemecahan masalah teori Wankat dan Oreovicz yaitu, mendefinisikan, mengeksplorasi dan mengerjakan. (3) Pada Siswa berkemampuan pemecahan masalah rendah, siswa hanya mampu menguasai 1 indikator kemampuan pemecahan masalah teori wankait dan oreovicz, yaitu mendefinisikan.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Agustin, Sherly WahyuUNSPECIFIED
Putri, Dini Palupidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:12
Last Modified: 27 Sep 2024 03:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7726

Actions (login required)

View Item View Item