Strategi Guru Dalam Membina Perilaku Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Rejang Lebong

Sutriyana, sutriyana and Mahfuz, Mahfuz and Sagiman, Sagiman (2024) Strategi Guru Dalam Membina Perilaku Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada di sekolah seperti nilai siswa pada mata pelajaran Pendididkan Agama Islam dikelas VIIa-VIIg serta perilaku belajar siswa yang mempengaruhi hasil belajar mereka seperti terlambat masuk kelas, keluar masuk kelas, ribut di dalam kelas saat pelajaran sedang berlangsung dan tidak memperhatikan guru ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung, dengan adanya permasalahan ini maka akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung, terdapat perilaku belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, seperti perilaku ketika mengikuti pelajaran, perilaku mengulang pelajaran, perilaku belajar dalam mengunjungi perpustakaan dan perilaku menghadapi ujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi guru dalam membina perilaku belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Adapun teknik pemilihan sampel yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sumpling dan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIIa-VIIg. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Agar memperoleh temuan penelitian yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya maka peneliti melakukan uji kredibilitas dengan melakukan pengamatan, tringulasi dan kecukupan referensial yang di lakukan di SMP Negeri 4 Rejang Lebong. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membina perilaku belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Rejang Lebong yaitu dengan menerapkan kontrak belajar yang dibuat dan di setujui oleh guru dan juga siswa pada awal pelajaran, adanya kontrak belajar ini memudahkan guru untuk membina perilaku belajar siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik. Sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelaajran Pendidikan Agama Islam meningkat. Hal ini terlihat dari nilai siswa yang terus meningkat dari yang belum mencapai nilai KKM menjadi bisa melampaui nilai KKM tersebut, seperti yang terlihat pada lampiran di dalam skripsi ini. Kata Kunci: perilaku belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sutriyana, sutriyanasutriyana.mhs@iaincurup.ac.id
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincurup.ac.id
Sagiman, Sagimansagiman@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:48
Last Modified: 15 Oct 2024 08:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7718

Actions (login required)

View Item View Item