Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Pemanfaatan Aplikasi Canva Berbasis Artificial Intelligence Pada Siswa Kelas IV di MIN 03 Kepahiang

Andriani, Reki Tri and Kusen, Kusen and Nasution, Aida Rahmi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Pemanfaatan Aplikasi Canva Berbasis Artificial Intelligence Pada Siswa Kelas IV di MIN 03 Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Reki Tri Andriani.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong semua orang, termasuk lembaga pendidikan, untuk beradaptasi dengan perubahan. Salah satunya adalah dalam penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah masih banyak guru-guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi dengan baik, salah satunya di MIN 03 Kepahiang. Adapun tujuan penelitian ini adalah Penelilitian ini bertujuan untuk Menghasilkan spesifikasi bahan ajamedia pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui pemanfaatan aplikasi canva berbasis AI kelas IV di MIN 03 Kepahiang (2) Menguji efektifitas media pembelajaran sejarah kebudayaan islam melalui pemanfaatan aplikasi canva berbasis AI kelas IV di MIN 03 Kepahiang Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menghasilkan sebuah produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 03 Kepahiang. Pengumpulan data melalui angket, observasi dan wawancara, teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan Spesifikasi produk media pembelajaran (1) menghasilkan desain konseptual, procedural, dan fisikal berupa RPP dan sintaks pembelajaran sejarah kebudayaan islam melalui pemanfaatan aplikasi canva berbasis AI. (2) media pembelajaran interaktif dengan menggunakan canva berbasis AI (3) gambar yang berwarna dan video pembelajaran (4) disajikan game interaktif dan latihan soal. Hasil Uji normalitas pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan aplikasi SPSS dan didapatkan hasil 0,06 dan kelas kontrol 0,327 > dari 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Kemudian dilanjutkan uji homogenitas, pada kelas kontrol dan kelas eksperimen didapatkan hasil N-Gain 0,52 > dari 0,05 yang artinya data tersebut bersifat homogen. Kemudian dilanjutkan uji T-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen berada pada 0,00 yang artinya kurang dari 0,05. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa H1 diterima bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Terhadap kemampuan memahami materi sebab hijrah sahabat Rasulullah ke Habsyah. Kata kunci : Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Canva berbasis AI

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Andriani, Reki Trirandriani.mhs@iaincurup.ic.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:37
Last Modified: 23 Sep 2024 03:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7705

Actions (login required)

View Item View Item