Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembakan Kemampuan Baca Tulis Alqur’an Peserta Didik SMP N 53 Merangin

SEPRIBOY SAPUTRA, SEPRIBOY and Kusen, Kusen and Amrullah, Amrullah (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembakan Kemampuan Baca Tulis Alqur’an Peserta Didik SMP N 53 Merangin. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBAKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQUR’AN PESERTA DIDIK SMP N 53 MERANGIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Sepriboy Saputra, NIM. 22871030, Judul Tesis Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Al-quran Peserta Didik di SMP Negeri 53 Merangin, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana IAIN Curup, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu pentingnya peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, namun pada realitanya di sekolah SMP N 53 mErangin masih banyak ditemukan peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur;an. Belajar dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan kewajiban yang harus dilakukan bersama-sama muslim. Tujuan penelitian ini menjelaskan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik SMP N 53 Merangin. Dalam proses pembelajaran kemampuan membaca Al-Qur’an seorang guru PAI menciptakan suasana/strategi yang baik supaya anak aktif dan memperhatikan materi yang diajarkan di dalam kegiatan proses pembelajaran kemampuan membaca Al-Qur’an dan peserta didik menjadi semangat sewaktu belajar, sehingga yang disampaikan oleh Guru PAI tersebut mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah, Kepala sekolah, Guru PAI, peserta didik. Teknik pengumpulan data adaalah observasi, wawancara dan dokummentasi. Teknik analisis data Data Collection (Pengumpulan data), Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan baca tulis al-qur’an peserta didik di SMP N 53 Merangin meningkat. Dengan adanya strategi guru PAI dalam mengajar dengan menggunakan metode yang bervariasi, metode iqro’ serta dengan menggunakan metode audio seperti morotal yang dipasang setiap pagi menjelang masuk, maka kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik SMP N 53 Merangan sudah meningkat. Adapun faktor pendukung tersedianya audio seperti speaker sebagai sarana sekolah, motivasi dari Kepala Sekolah, guru, fasilitas yang memadai, sarana dan prasarana, serta dukungan dari wali murid peserta didik dan masyarakat lingkngan sekitar. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kemampuan, Baca Tulis Al-Quran

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
SEPRIBOY SAPUTRA, SEPRIBOYsepriboy@iaincurup.ac.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Kemampuan, Baca Tulis Al-Quran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:23
Last Modified: 20 Sep 2024 09:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item