MELDIKA PUTRI, RIZQIA and Ratnawati, Ratnawati and Amrillah, H.M Taufik (2024) Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka SDN 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
Text
PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SDN 77 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK RIZQIA MELDIKA PUTRI, (NIM. 20591166), “Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulu Merdeka SDN 77 Rejang Lebong”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup, 2024 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka sebagai upaya dalam pemulihan pembelajaran. Satuan pendidikan diberikan keleluasaan dalam menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan masing-masing karakteristiknya. Pada implementasi kurikulum merdeka kemungkinan akan terjadi beberapa permasalahan dalam penerapannya. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian yang berfokus pada problematika guru dalam implementasikan kurikulum merdeka SDN 77 Rejang Lebong Tujuan penelitian ini yaitu, pertama Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 77 Rejang Lebong. Kedua Untuk mengetahui tantangan yang dihadapi guru di SDN 77 Rejang Lebong, dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Ketiga Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru di SDN 77 Rejang Lebong dalam mengatasi permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsaan data dilakukan dengan Triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di SDN 77 Rejang Lebong masih dalam tahap berkembang yang sudah diterapkan pada tahun ajaran 2021/2022 dan Ada tiga problematika yang dialami oleh guru dalam menerapkan kurikulum merdeka yang pertama yaitu. Pertama Implementasi kurikulum merdeka di SDN 77 Rejang Lebong masih dalam tahap perkembangan. Kedua kurangnya pemahaman guru tentang konsep pembelajaran kurikulum merdeka. ketiga Upaya-upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut adalah yang pertama dengan mengeksplorasi macam-macam gaya belajar. yang kedua mendatangkan narasumber dan mengikuti pelatihan secara mandiri. Yang ketiga melakukan sharing sesama guru dan memperluas ilmu pengetahuan tentang kurikulum merdeka. Kata kunci: Problematika, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:20 | ||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7693 |
Actions (login required)
View Item |