Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Di MIS Guppi 13 Tasik Malaya

PUTRI UTAMI, VIONA ROSALINA and Syaripah, Syaripah and Latifa Irsal, IRNI (2024) Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Di MIS Guppi 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Viona Rosalina Putri Utami, NIM. 1959124, “EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V DI MIS GUPPI 13 TASIK MALAYA”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya siswa yang Sulit meningkatkan Kemampuan dalam Pemecahan masalah Matematis, dikarenakan media pembelajaran serta metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan serta kemauan siswa untuk mengikuti dan mendalami pelajaran matematika terutama dalam hal pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) penerapan LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa dan 2) penggunaan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Efektif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas V di MIS GUPPI 13 Tasik Malaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Desain penelitian terdiri dari satu kelompok (One Group Pretest-Postest) dengan melakukan penyebaran angket awal dan angket akhir. Metode pengumpulan data meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Populasi berjumlah 185 orang dengan sampel 26 orang menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa terdapat perbedaan secara signifikan terhadap tes yang telah dilakukan. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dalam upaya pemecahan masalah matematis sangatlah optimal atau dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. 2) Berdasarkan penyajian data dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa hasilnya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya peneliti menggunakan uji-t one sampel untuk mencari efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V MIS GUPPI 13 Tasik malaya. Berdasarkan hasil pengujian one sampel test diperoleh thitung sebesar 7,741. Kemudian konferensikan pada tabel nukilan nilai “t” taraf signifikan 5% sebesar 1,711, diketahui bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 7,741 ≥ 1,711. Berdasarkan pengujian hipotesis ketentuan yang berlaku maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat kefektivan terhadap penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V MIS GUPPI 13 Tasik Malaya. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Realistic Mathematics Education (RME, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI UTAMI, VIONA ROSALINAviona.mhs@iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Latifa Irsal, IRNIirni.latifa@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:48
Last Modified: 23 Sep 2024 01:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7692

Actions (login required)

View Item View Item