Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik di SMP Negeri 02 Lebong

Arsita, Yesi and Sutarto, Sutarto and Bahri, Syaiful (2024) Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik di SMP Negeri 02 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
full text.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Dengan menjabat sebagai kepala sekolah selama lebih kurang 5 tahun ini banyak sekali peserta didik yang meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Dengan begitu tentunya cara dan kepribadiannya sebagai Peran Kepala Sekolah sangat lah berpengaruh besar dengan cara dia memimpin. Namun dibalik itu, ada juga hal yang sangat disayangkan dengan letak sekolahnya yang dekat dengan pemukiman warga yang berbatasan dengan kebun warga sering kali disalah gunakan oleh pemuda-pemudi lain saat malam hari untuk melakukan hal yang tidak menyenangkan, seperti berpacaran, mabuk-mabukan, dan juga banyak pelajar lain dari SMA, SMP lain yang bolos ke belakang sekolah ini. Itu dikarenakan tidak adanya tembok pembatas antara sekolah dan kebun warga, hendaknya kepala sekolah membangun tembok disekitaran belakang sekolah karna sering juga siswa SMP Negeri 02 Lebong yang bolos ke kebun belakang sekolah. Namun akhir ini Kepala sekolah mengambil tindakan memindahkan kantin sekolah yang dulu dekat dengan kebun warga di belakang sekolah ke dalam lingkungan sekolah yang berdekatan dengan musholah dan kelas agar tidak ada lagi siswa yang keluar sekolah saat jam istirahat serta memanfaatkan sampah siswa sendiri dengan membuat pupuk (sampahku tanggung jawab ku). Membuat kelas khusus bagi siswa yang akan mengikuti ajang perlombaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan informasi. Dari beberapa sumber data yang digunakan sumber data primer yaitu peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu peserta didik di SMP Negeri 02 Lebong.data sekunder berupa dokumen-dokumen lainnya. Teknik analisis data menggunakan trlangulasi yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Fungsi kepala sekolah sangat lah penting dalam meningkatkan mutu peserta didik. karena sebagai kepala sekolah dukungan darinya sangatlah berguna agar semua yang diperlukan mengenai peserta didik bisa terpenuhi. 2). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu peserta didik agar pihak sekolah yang lainnya bisa meningkatkan semangat pada peserta didik peran kepala sekolah inilah yang selalu memberikan dukungan, arahan, motivasi Kepada Peserta Didik untuk berprestasi. Kata kunci: Fungsi Kepala Sekolah, Bimbingan, Arahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arsita, YesiyesiArsita.mhs@iaincurup.ac.id
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:47
Last Modified: 19 Sep 2024 06:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7691

Actions (login required)

View Item View Item