Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Creative Thingking Siswa di Mas Al Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas

Ahmad Apriliyanto, Ahmad and Fakhruddin, Fakhruddin and Gusmuliana, Paidi (2024) Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Creative Thingking Siswa di Mas Al Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
TESIS AHMAD APRILIYANTO.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Apriliyanto, NIM 22871001, Implementasi Model Project Based Learning Dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Creative Thinking Siswa Di MAS AL-Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas Tesis, Program Pasca sarjana IAIN Curup, Studi Pendidikan Agama Islam. Model project base learning diterapkan di MAS AL-Muhajirin Tugumulyo merupakan inovasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran SKI guna untuk meningkatkan kemampuan creative thinking siswa, dikarenakan siswa cenderung mengalami kemunduran tentang perkembangn kreativitas disaat belajar.penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning di dalam materi pembelajaran SKI dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam hal mengerjakan tugas seperti membuat makalah dan majalah dinding kelas , materi yangterkait tentang sejarah islam pada masa Rasulullah SAW. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan atau status fenomena, Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru serta siswa. Simpulan yang diperoleh adalah (1)Perencanaan pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan menimplementasikan model project based learning di MAS AL-Muhajirin Tugumulyo, merancang proyekyang relevan dengan materi SKI, memastikan integrasi elemen PjBL dalam prosesperencanaan proyek, mencantumkan rancangan pembelajaran dalam bentuk RPP, dan adanya tahap refleksi dan evaluasi yag melibatkan peserta didik dalam merefleksikan hasil belajar mereka. (2)Implementasi model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam proses pembelajaran SKI di MAS AL-Muhajirin Tugumulyo bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik . Tahapan-tahapan tersebut meliputi mengidentifikasi masalah, membuat desain grafik, menyusun penjadwalan, memonitor perkembangan proyek anak, melakukan penilaian berupa kreatifitas dalam membuat proyek, kekompakan, kerjasama, sikap, dan melakukan evaluasi pengalaman peserta didik. (3)Implementasi Pembelajaran SKI Dengan Menggunakan Model Model Pjbl Dalam Meningkatkan Kemampuan Creative Thingking (Berpikir Kreatif) Siswa Di MAS Al Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas yaitu siswa memiliki hasrat ingin tahu yang cukup besar, keingintahuan untuk meneliti, memiliki dedikasi bergairah serta aktif melaksanakan tugas, antusias dalam memberikan pertanyaan dan memberikan jawaban yang banyak, mampu memunculkan ide ide dan gagasan selam proses pmebeljaran, dapat menyelesaikan masalah. Kata Kunci: Implementasi, Project Based Learning, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Ahmad Apriliyanto, Ahmadahmadapriliyanto.mhs@iaincurup.ac.id
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Gusmuliana, Paidipaidigusmuliana@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Project Based Learning, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:27
Last Modified: 19 Sep 2024 04:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7690

Actions (login required)

View Item View Item