Problematika Pembinaan Akhlak Peserta Didik Terhadap Guru Di SMK IT AL HUSNA LEBONG

Permata Sari, Yosi and Taqiyuddin, Muhammad and Cikdin, Cikdin (2024) Problematika Pembinaan Akhlak Peserta Didik Terhadap Guru Di SMK IT AL HUSNA LEBONG. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI Yosi Revisi(1).pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan lembaga utama yang memainkan peranan penting dalam membangun dan menumbuh kembangkan peradaban. Karakteristik pendidikan Islam meliputi beberapa hal, antara lain, prinsip atau dasar filosofi bangunan pemikiran pendidikan islam, isi atau materi, pandangan mengenai sumber ilmu, dan tujuannya. Dalam proses pendidikan komunikasi antara guru dengan siswa harus ada etika dalam berkomunikasi, etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik. Etika dalam ajaran Islam menjadi penting melihat sekarang ini kebanyakan etika hanya pada ranah sopan santun dan tata tertib sekolah, seharusnya lebih dari itu etika terhadap guru merupakan suatu keharusan karena sebagai seorang murid ketika ingin mendapatkan ilmu yang berkah manfaat harus mendapatkan kerelaan dan keikhlasan dari seorang guru dalam mentransfer ilmu-ilmu pengetahuan baik itu ilmu alam dan akhirat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut yang menjadi alasan penulis untuk melakukann penelitian ini. Dengan pertanyaan penelitian yang akan penulis bahas sebagai berikut: Problematika pembinaan akhlak peserta didik terhadap guru di SMK IT AL HUSNA LEBONG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika peserta didik terhadap guru di SMK IT AL HUSNA LEBONG. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Jenis dan sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teriangulasi teknik. Hasill pelnelliltilan melnunjukan bahwa eltilka pelndildilkan Ilslam dalam eltilka murild telrhadap guru dil SMK IlT AL HUSNA LElBONG dapat dilkatakan bellum cukup bailk, hal ilnil telrlilhat daril pelselrta dildilk yang tildak melnghormatil dan melnghargail guru, belrtutur kata delngan tildak sopan, Kelndala daril pelnelrapan eltilka murild telrhadap guru telrselbut telrlilhat daril faktor lilngkungan pelrgaulan, selhilngga pelrgaulan melmpelngaruhil pelrillaku selmua pelselrta dildilk. Akan teltapil tildak selmua pelselrta dildilk yang selpelrtil iltu ada juga yang belrsilkap sopan dan melnghormatil gurunya, dan guru juga sudah belrusaha melnjadilkan dilrilnya selbagail suril tauladan bagil pelselrta dildilk, melmbilmbilng dan melngarahkan pelselrta dildilk untuk melnjadil ilnsan yang belrakhlaqul karilmah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Permata Sari, YosiYosi.mhs@iaincurup.ac.id
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:36
Last Modified: 19 Sep 2024 02:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7681

Actions (login required)

View Item View Item