Pengaruh Media Pck ( Permainan Congklak Kelipatan) untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SDN 50 Rejang Lebong

ALTHAF ZHAFIRAH, ANISAH and Azwar, Beni and Septiana, Anisya (2024) Pengaruh Media Pck ( Permainan Congklak Kelipatan) untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SDN 50 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKIRPSI ANISAH ALTHAF ZHAFIRAH .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anisah Althaf Zhafirah (20591023): “Pengaruh Media PCK (Permainan Congklak Kelipatan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Di SDN 50 Rejang Lebong”, skripsi pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berhitung siswa. diduga karena penggunaan media pembelajaran yang masih monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi tingkat keterampilan siswa sebelum penerapan media PCK,(2) Mendeskripsikan tingkat keterampilan berhitung siswa setelah menerapkan media PCK dalam mata pelajaran matematika kelas II di SDN 50 Rejang Lebong,(3)pengaruh media PCK dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa dan menentukan pengaruhnya terhadap pencapaian keterampilan berhitung pada mata pelajaran khususnya pada siswa kelas II di SDN 50 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian pre-experimental designs dengan menggunakan One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2, dan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampel. Dalam penelitian ini Teknik pegumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa , serta pre-test dan post-test dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji Shapiro Wilk karena n < 30 dan uji hipotesi yang digunakan adalah uji paired sampel t-test. Hasil penelitian yan diperoleh adalah. (1) keterampilan berhitung siswa sebelum menggunakan media PCK terlihat masih rendah, penguasaan matematika dan juga banyak siswa yang tidak berantusias dalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran yang kurang membuat mereka tertarik dan membuat mereka kurang berminat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga memahami pembelajaran matematika. Krmampuan berhitung perkalian siswa masih tergolong rendah di peroleh rata – rata 55,09. (2)setelah menggunakan media PCK, ada peningkatan kemampuan berhitung siswa dari pretest sampai ke post-test. Keteampilan berhitung setelah mengunakan media PCK mengalami peningkatan dengan diperoleh nilai pada hasil post-test terdapat nilai rata-rata sebesar 77,33. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dengan mengguanakan media PCK dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II di SDN 50 Rejang Lebong. Hasil penelitian pada uji hipotesis dengan uji uji paired sampel t-test didapat nilai signifikansi (1-tailed) 0,000 > 0,005 dari perhitungan tersebut maka didapat bahwa Ha di terima dan Ho ditolak maka ditunjukan bahwa pengaruh yang sigbifikansi pada media PCK dalam meningkatkan keteramapilan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci : Media PCK (permaianan congklak kelipatan), Matematika, Keterampilan Berhitung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
ALTHAF ZHAFIRAH, ANISAHanisah.mhs@iaincurup.ac.id
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:30
Last Modified: 20 Sep 2024 07:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7680

Actions (login required)

View Item View Item