Saputra, Ajit and Komalasari, Bakti and Daheri, Mirzon (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Perilaku Keagamaan Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Lebong Utara. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti melihat di SMP 01 Lebong Utara banyak menerapkan perilaku keagamaan seperti melaksanakan shalat berjama‟ah, adanya tahfizh dan saat peneliti kesekolah siswa nya salam, sapa, senyum, sopan, dan santun, maka dari itu peneliti tertarik untuk melihat bagaimana peran guru PAI di sana. Tujuannya untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa kelas VII, faktor penghambat dan pendukungnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dan termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil Penelitian diketahui : (1) Perilaku keagamaan siswa di SMPN 01 Lebong Utara meskipun belum secara keseluruhan memiliki akhlak terpuji, namun sebagian besar sudah memiliki perilaku keagamaan yang baik, seperti: berbicara sopan dan santun, menghormati orang lain, berteman dengan siapa saja, ramah, mentaati peraturan, dan sebagainya, perilaku keagamaan di SMPN 01 Lebong Utara juga sudah banyak program-program keagamaan yang sudah disediakan dari sekolah seperti shalat dhuha dan dzhuhur berjamaah, tilawah, dakwa, dan bimbingan al-qur‟an. (2) Peran guru PAI dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa di SMPN 01 Lebong Utara tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik, pengajar, pelatih. Guru sebagai pengajar telah dibekali dengan pelatihan dan pendidikan. Peran guru sebagai pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, guru mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar serta mengorganisasikan lingkungan sekolah. Lingkungan ini diatur dan diawasi agar kegiatan-kegiatan belajar terarah kepada tujuan-tujuan pendidikan, sehingga kegiatan pembelajaran PAI sesuai dengan tujuannya. Guru menguasai materi pelajaran, guru memotivasi siswa, guru memberikan pembelajaran dengan baik, guru mampu mengelola kelas dengan baik dan mampu menerapkan metode pembelajaran dengan baik. Kata kunci : Peran, Guru, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:42 | ||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2024 04:42 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7673 |
Actions (login required)
View Item |