Analisis Penggunaan Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Majelis Cahaya Qur’an Curup

DESIANTI, FITRIANI and Hakim, Ihsan Nul and Maryati, Ana (2024) Analisis Penggunaan Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Majelis Cahaya Qur’an Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text (Analisis Penggunaan Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Majelis Cahaya Qur’an Curup)
Fulltext (1).pdf - Published Version

Download (817kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya para penghafal Al-Qur’an yang lahir di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Curup melalui program 3 bulan 30 juz yang telah melahirkan 7 angkatan penghafal Al-Qur’an kemudian penelitian ini juga dilatarbelakangi dengan masih ditemukannya faktor-faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an dikalangan santri serta efektivitas penerapan metode Halaqah dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: triangulasi data kemudian dilakukan terus menerus sampai data jenuh. Subjek penelitian ini adalah Ustadzah dan Santri di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Curup. Hasil penelitian yang dicapai Pertama, penerapan metode Halaqah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri sangat efektif untuk diterapkan karena dengan menggunakan metode Halaqah ini kegiatan menghafal menjadi lebih interaktif dan mampu menumbuhkan semanngat serta motivasi bagi santri dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an.Kedua, Strategi yang digunakan Oleh Musyrifahdalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an Santri dengan menggunakan metode Halaqah di antaranya seperti mengelompokan santri sesuai dengan kemampuan menghafal santri, memberikan batasan waktu menghafal, memberikan tips dantrik menghafal yang tepat, mentalaqqi santri satu per satu untuk mengecek bacaansantri, memberikan motivasi menghafal dan melakukan Muroja’ah bersama. Ketiga, Faktor penghambat dan pendukung dalam menghafal al-qur’an. faktorpendukung seperti, peran orang tua,lingkungan sosial, pola makan atau gizi santri, dan kebiasaan santri. faktor penghambat seperti daya tangkap santri yang lemah,pengaruh buruk teman sebaya, keterbatasan waktu menghafal santri, mengantukdan bosan. Kata kunci :Metode Halaqah, Peningkatan hafalan Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
DESIANTI, FITRIANIfitriani.mhs@iaincurup.ac.id
Hakim, Ihsan NulIhsannulhakim@iaincurup.co.id
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Halaqah, Peningkatan hafalan Qur’an
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:04
Last Modified: 20 Sep 2024 08:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7672

Actions (login required)

View Item View Item