Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Sejarah Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk Konstantinopel dan Relevansi Terhadap Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka

Kamal, Siti Aftriliani and Ratnawati, Ratnawati and Putrajaya, Guntur (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Sejarah Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk Konstantinopel dan Relevansi Terhadap Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI Siti Aftriliani Kamal.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbicara tentang pendidikan pastinya kita juga akan membahas mengenai peserta didiknya dan juga mengenai karakter yang akan dikenalkan kepada peserta didik tersebut. Masa awal pendidikan sangat penting di ikuti oleh peserta didik pada masa sekolah dasar peserta didik harus ditanamkan tidak hanya mengenai skill pengetahuan dan keterampilan saja yang akan dibina tetapi juga pendidikan duharapkan mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang berdedikasi dan berkarakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk pengetahui dan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sejarah Muhammad Al-Fatih penakluk Konstantinopel, 2) untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di sejarah Muhammad Al-Fatih penakluk Konstantinopel dengan karakter siswa dalam kurikulum merdeka. Metodologi yang digunakan dalampenelitian ini yaitu penelitian studi pustaka (Library Research). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,yang mana pendekatan ini lebih menekankan pada pengumpulan data, teknik analisi data nya berupa analisis isi (content analysis) yang menganalisis muatan dari sebuah teks,teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik dokumentasi yang merupakan mencari data yang mengenai hal-hal maupun variabel yang berupa catatan buku, jurnal,artikel.skripsi, serta laporan peneliti. Hasil penelitiannya yang terdapat ada dalam penelitian ini yaitu: 1) terdapat 18 nilai-nilai karakter yang ada dalam sejarah Muhammad Al-Fatih sang penakluk Konstantinopel yang mana nilai-nilai karakternya yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab dan 2) relevansi karakter siswa dalam kurikulum merdeka terdapat 3 poin yaitu:beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa(religius), mandiri dan kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kamal, Siti Aftrilianiaftriliani.mhs@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:16
Last Modified: 12 Sep 2024 07:16
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7664

Actions (login required)

View Item View Item