Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Kualitas Produk Usaha Mikro Di Desa Muara Rupit

Sari, Suci Carmelia and Noprizal, Noprizal and Andriko, Andriko (2024) Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Kualitas Produk Usaha Mikro Di Desa Muara Rupit. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULL TEKS.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki pelanggan yang signifikan untuk barang halal. Keprihatinan masyarakat terutama pengusaha terhadap kehalalan produk telah menjadi fokus utama pada konsumen yang beragama Islam. Oleh karena itu, labelisasi halal merupakan komponen penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap barang dan jasa yang mereka beli. Dengan pertumbuhan bisnis kecil pada produk usaha mikro ini, Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan halal berdasarkan Menurut Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, dengan perusahaan makanan dan minuman. Maka penelitian ini melihat untuk bertujuan mengetahui adakah labelisasi halal terhadap kualitas produk usaha mikro di Desa Muara Rupit Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mana sumber data primer dari kuesioner. Populasi penelitian ini yang memiliki produk usaha mikro di Desa Muara Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara. Yang berjumlah 61 pemilik usaha mikro dengan mengambil teknik sampel jenuh maka diperoleh sampel 61 pemilik usaha mikro yang belum menggunakan labelisasi halal, penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini pada uji regresi sederhana untuk memperlihatkan hubungan variabel labelisasi halal (X) dan variabel kualitas produk usaha mikro (Y) di lihat dari nilai konstanta sebesar 69.254 dan dilihat nilai koefisien regresi labelisasi halal sebesar 0.235. Jadi hubungan antara variabel labelisasi halal (X) dan kualitas produk usaha mikro (Y) adalah berpengaruh positif. Hasil penelitian ini pada uji t variabel labelisasi halal (X) berpengaruh secara positif terhadap variabel kualitas produk usaha mikro (Y), hal ini dilihatkan dengan nilai t hitung sebesar 4.445 dan lebih besar dari t tabel yaitu 1.671. Hasil penelitian ini pada uji koefisien determinasi (R2) dilihat dari nilai R sebesar 0,501 yang memiliki variabel labelisasi halal (X) adanya berpengaruh terhadap variabel kualitas produk usaha mikro (Y) yaitu sebesar 0,251 maka variabel tersebut memiliki kontribusi korelasi dengan sebesar 25,1% terhadap kualitas produk usaha mikro (Y). Kata kunci :Labelisasi Halal dan produk usaha mikro

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Suci Carmeliasucicarmelia.mhs@iaincurup.ac.id
Noprizal, NoprizalNoprizal@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:00
Last Modified: 11 Sep 2024 03:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item View Item