Analisis Lingkungan Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong

Putri, Adelia Seftiana and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Indrawari, Karliana (2024) Analisis Lingkungan Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BElAJAR SISWA DI MAD.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Lingkungan belajar adalah semua kondisi yang mempengaruhi tingkah laku subjek yang terlibat didalam pembelajaran, terutama guru dan peserta didik sebagai ujung tombak proses pembelajaran disekolah. Pendidikan dapat di katakana sebagai wadah atau tempat untuk memperoleh ilmu pengetahuan baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan belajar. Untuk itu dapat di bentuk dengan adanya lingkungan. yang nyaman dapat membantu siswa untuk menumbuh kembangkan ilmu dan pengetahuan yang di miliki salah satunya dengan memperhatikan keadaan lingkungan belajarnya. Sedangkan Motivasi mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar lebih baik. Memberikan motivasi yang baik dan sesuai, maka siswa dapat menyadari akan manfaat belajar dan tujuan yang hendak dicapai dengan belajar tersebut. Serta dapat membentuk kebiasaan siswa senang belajar, sehingga prestasi belajarnya pun dapat meningkat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena objek mengumpulkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa instrumen penelitian antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data berikut diperolehdalam penelitian ini, penulis menginterprestasikan data dan menganalisisnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil penelitian dan juga mendapatkan data-data yang akurat mengenai objek yang akan diteliti Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa lingkungan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong sudah cukup baik. Walaupun masih terdapat sedikit kekurangan seperti lapangan yang masih licin dan di tebangnya beberapa pohon besar sehingga lingkungan sekolah menjadi panas. Dan untuk motivasi belajar siswa di kelas XI IPS 2 berbeda-beda setiap individu, ada siswa yang motivasinya tinggi dan ada juga yang rendah. Kata Kunci: Lingkungan belajar, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Adelia Seftianaadelia.mhs@iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengkubuwono@iaincurup.ac.id
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:52
Last Modified: 10 Sep 2024 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item View Item