Strategi Guru Pai dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif Pada Siswa di SD Negeri 04 Lebong

MARSITA, SINTIA and Nurjannah, Nurjannah and Amrullah, Amrullah (2024) Strategi Guru Pai dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif Pada Siswa di SD Negeri 04 Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI SINTIA MARSITA .pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

STRATEGI GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF PADA SISWA DI SD NEGERI 04 LEBONG Oleh Sintia Marsita 19531164 ABSTRAK Pada hakikatnya pembelajaran yang efektif merupakan proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Dengan demikian perlu diperhatikan adalah bagaimana upaya guru menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Guru yang ada di SD Negeri 04 Lebong senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalismenya, mereka ikut terlibat dalam pengelolaan dan proses pembelajaran, seperti memilih bahan, merumuskan tujuan, memilih metode, menetapkan evaluasi, dan sebagainya. berdasarkan permasalahan yang telah di temui bahwa peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Strategi Guru PAI Dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar Yang Efektif Pada Siswa Di SD Negeri 04 Lebong’’. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. subjek dalam penelitian ini ialah sebagai guru PAI dan siswadi SDN 04 Lebong. Sumber data disini adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil data yang diperoleh dengan reduksi data, penyajan data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber, trigulasi waktu dan triangulas teknik. Sebagai pendidik yaitu guru mempunyai tugas yang berkaitan dengan memberikan dukungan dan dorongan, guru sebagai pengajar dan pembimbing yaitu peran guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting, guru sebagai motivator dan kreator yaitu peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai evaluator yaitu tugas guru sebagai evaluator adalah mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah berlangsung. evaluator harus menilai apakah siswa mampu mencapai tujuan yang ditentukan. Kata Kunci: Strategi, Peran Guru, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
MARSITA, SINTIAsintamarista.mhs@iaincurup.ac.id
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:20
Last Modified: 10 Sep 2024 08:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7634

Actions (login required)

View Item View Item