Pengaruh Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MAN Rejang Lebong

Kartika, Della and Masudi, Masudi and Wanto, Deri (2024) Pengaruh Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MAN Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran di dalam kelas dapat diakses di rumah maupun di lingkungan sekitar. Komunikasi dua arah pada program pembelajaran daring yang di lakukan antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan siswa dan antara guru dengan guru akan semakin baik. Karena semakin banyaknya pilihan media komunikasi yang tersedia. Media komunikasi yang banyak dapat mempermudah gurudalam memberikan pembelajaran secara langsung melalui video pembelajaran atau rekaman serta pada proses selanjutnya siswa bisa memutar video atau rekaman yang sudahdiberikan guru secara berulang kali sebagai materi pembelajaran agar siswa bisa cepat memahami setiap materiyang sudah diberikan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) pendekatan yang di lakukanadalah pendekatan kuantitatif dengan mempelajari masalah penelitian berdasarkan fakta yang terjadi dan mempunyai hubungan yang erat dengan orang- orang untuk memperoleh hasil penelitian. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi dan analisis yang di gunakan yaitu analisis korelasi. Kesimpulan dsari penelitian ini meliputi, pertama. Berdasarkan rentang skor pengaruh pembelajaran online nilai 52,61 berada direntang 46,20 < X≤ 52,61 berkategoribaik dengan nilai 5% dan 30% dikategori cukup baik, 3% dikategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran online "baik", kedua, berdasarkan rentangskor prestasi belajar siswa dengan nilai <65 dikategorikan cukup baik berada direntang 65<X<77,6 dengan nilal 4% dan 37% dikategorikan bai. Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dikategorika baik. Ketiga, Dengan df 41 dan taraf kesalahan 5% makarabe 1,682. Dengan demikian bila rhitung lebih besar dari Fabel maka terdapat pengaruh, didapat a 15.1637 jadi, Fatung 15.1637 1,682 dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y, dengan kata lain. Ha diterima yang berarti ada pengaruh dari pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa sebesar 84%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi peneliti selanjutnya. KATA KUNCI: pembelajaran daring, pengaruh, prestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kartika, Delladella.mhs@iaincurup.ac.id
Masudi, Masudimasudi@iaincurup.ac.id
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:33
Last Modified: 10 Sep 2024 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7633

Actions (login required)

View Item View Item