Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Mengatasi Kasus Bullying Pada Siswa (Studi di SMAN 02 Rejang Lebong)

Maharani, Nurhaliza and Ristianti, Dina Hajja and Fadila, Fadila (2024) Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Mengatasi Kasus Bullying Pada Siswa (Studi di SMAN 02 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI NURHALIZA MAHARANI BKPI IAIN CURUP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Permasalahan bullying yang terjadi di sekolah. Dengan demikian permasalahan bullying tersebut memerlukan penanganan, terutama dengan mempertimbangkan nilai-nilai Islam sebagai dasar panduan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kasus bullying terjadi, faktor-faktor yang mempengaruhi kasus bullying pada siswa, dan bagaimana strategi layanan bimbingan dan konseling Islami dalam mengatasi kasus bullying pada siswa Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana penelitian ini memandang objek kajian sebagai suatu sistem artiny a objek kajian dilihat sebagai satuan terdiri dari unsur yang saling terkait dan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada dalam masyarakat. Data diperoleh dari metode observasi, dokumentasi dan wawancara, dengan guru bk, 5 siswa pelaku, dan 5 siswa korban bullying sebagai subjek penelitian. Dengan teknik analisis data mencakup, data reduction, data display, dan conclusion. Dan dengan keabsahan data triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat jenis bullying yakni bullying fisik, bullying verbal, bullying psikologis, dan cyberbullying. Faktor personal pelaku termasuk kurangnya rasa percaya diri, trauma, dan perhatian orang tua, sementara faktor situasional meliputi pergaulan. keluarga, dan media sosial. Pada korban, faktor personal meliputi rendahnya kepercayaan diri, trauma, dan keterampilan sosial yang kurang, sedangkan faktor situasional mencakup pergaulan dan keluarga. Strategi Guru BK melibatkan pendekatan Islami dengan konseling menggunakan bacaan Al-Qur'an, konferensi kasus, home visit, kegiatan Jumat Rohani, integrasi materi anti-bullying dalam P5, pelatihan keterampilan sosial, program peer mentoring, Menggunakan metode pengulangan (al Takriri) agar masalah anak bisa diatasi dengan tuntas dan metode dialog (al Hiwar) dengan menerapkan teknik konfrontasi, dengan tanya jawab, serta dukungan emosional dengan teknik coping seperti dzikir dan doa. Kata kunci: Bullying, Bimbingan dan konseling Islami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maharani, Nurhalizanurhaliza.mhs@iaincurup.ac.id
Ristianti, Dina Hajjadinahajja@iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:11
Last Modified: 10 Sep 2024 08:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7630

Actions (login required)

View Item View Item