Aktivitas Pembelajaran Dalam Membantu Penguasaan Keterampilan Motorik Siswa Kelas 2 Di SDN 11 Rejang Lebong

Adi Putra, Yero and Nasution, Aida Rahmi and Oktori, Agus Riyan (2024) Aktivitas Pembelajaran Dalam Membantu Penguasaan Keterampilan Motorik Siswa Kelas 2 Di SDN 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
YERO ADI PUTRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana perkembangan fisik siswa yang sesuai dengan usinya nya. Dari aktivitas pembelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah merupakan kemampuan otot untuk mengangkat, menjinjing, menahan, mendorong, atau menarik beban. Fase perkembangan pada anak kelas 2 bisa diketahui dengan pengetesan atau pengukuran motorik pada anak misalnya kemampuan berlari, meloncat, melempar dan semacamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran apa saja yang diberikan dan digunakan oleh guru untuk siswa untuk mengetahui apa saja bentuk penguasaan aktivitas pembelajaran yang membantu keterampilan motorik di SDN 11 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Riset Case Study. Jenis penelitian ini dipilih oleh peneliti karena dapat meneliti dalam bentuk aktivitas pembelajaran dalam membantu penguasaan keterampilan motorik siswa kelas 2 di SDN 11 Rejang Lebong. Sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, wali kelas II, dan siswa kelas II di SDN 11 Rejang Lebong. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengorganisasikan data, pembacaan memoing, mendeskripsikan data menjadi kode dan tema, mengklarifikasi data menjadi kode dan tema, menafsirkan data, serta menyajikan memvisualisikan data. Hasil penelitian ini menggambarkan: Pertama yaitu Jenis keterampilan motorik yang dikembangkan di SDN 11 Rejang Lebong ada 3,yaitu psikomotorik, agnetif, kognotif. Kedua Bentuk aktivitas pembelajaran yang membantu keterampilan motorik siswa kelas 2 di SDN 11 Rejang Lebong yaitu keterampilan motorik kasar dan motorik halus. Ketiga terdapat juga dampak aktivitas dalam pembelajaran motorik siswa terutama di kelas 2 sangat berdampak untuk tumbuh kembang siswa di masa sekarang dan juga untuk masa depan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Adi Putra, Yeroyero.mhs@iaincurup.ac.id
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:58
Last Modified: 30 Sep 2024 02:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7598

Actions (login required)

View Item View Item