Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Minat Belajar Siswa di MTsN 2 Rejan

Ayu S. Wandari, Sukma and Mustar, Saidil and Indrawari, Karliana (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Minat Belajar Siswa di MTsN 2 Rejan. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi sukma ayu s. wandari (finish).pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengaruh implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap minat belajar siswa di MTsN 2 Rejang Lebong Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum merdeka belajar yang mempengaruhi minat belajar siswa, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar diMTsN 2 Rejang Lebong? (X)?, bagaimana kondisi minat belajar siswa di MTsN 2 Rejang Lebong? (Y)?, apakah implementasi kurikulum merdeka belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa di MTsN 2 Rejang Lebong?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar di MTsN 2 Rejang Lebong, dan untuk mengetahui apakah implementasi kurikulum merdeka belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa di MTsN2 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 63 siswa MTsN 2 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, implementasi kurikulum merdeka telah sesuai dan terlaksana dengan baik. Kedua, minat belajar siswa di MTsN 2 Rejang Lebong tinggi. Ketiga, ada pengaruh positif dan signifikan antara implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap minat belajar siswa di MTsN 2 Rejang Lebong berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0, 739, sementara rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,254. Selanjutnya untuk melihat signifikan hubungan antar variabel X dan variabel Y di uji mencari koefisien determinasi, didapatkan hasil D sebesar 0,739, dengan demikian nilai rhitung > rtabel (0, 739 > 0,254), artinya kurikulum merdeka belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ayu S. Wandari, Sukmasukma.mhs@iaincurup.ac.id
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:21
Last Modified: 09 Sep 2024 04:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7592

Actions (login required)

View Item View Item