Metode Pengenalan Konsep Ibadah Pada Santri Raudhatul Athfal Rabbi Radhiyya

Hasanah, Nurul and Purnama Sari, Dewi and Azwar, Beni (2024) Metode Pengenalan Konsep Ibadah Pada Santri Raudhatul Athfal Rabbi Radhiyya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS FIKS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak-anak usia dini dimana mereka belum sama sekali mengenal konsep ibadah, mislanya bagaimana cara berwuhu, niat, dan praktik shalat. dengan berbagai metode yang diberikan oleh ummi. Sihingga yang awalnya anak-anak belum mengetahui hal itu akan tetapi setelah dikenalkan konsep ibadah anak-anak sudah paham akan hal itu bahkan mereka sudah bisa melakukan shalat sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui konsep ibadah apa saja yang dikenalkan pada Santri RA Rabbi Radhiyya Curup. (2). Untuk mengetahui metode apa saja yang di gunakan dalam pengenalan konsep ibadah.(3) untuk melihat hasil dari penerapan metode penegnalan monsep ibadah pada santri RA Rabbi Radhiyya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah RA Rabbi Radhiyya Curup, dan Ummi RA Rabbi Radhiyya Curup. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik (metode). Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa : (1). ada dua konsep ibadah yang dikenalkan pada santri RA Rabbi rradhiyya yaitu: (a) Thaharah (Tatacara berwudhu, macam-macam najis, dan cara memebrsihkannya). (b) Shalat ( Shalat wajib, mulai dari bacaan hingga gerakan shalatm dan memperkenalkan macam-acam shalat sunnah yaitu Dhuha, Idul fitri, dan idul addha. (2) metode yang digunakan dalam pengenalan konsep ibadah di RA Rabbi Radhiyya yaitu metode ceramah/ bercerita, Tanya jawab, dan pembiasaan yang didukung oleh media banner, kartu, dan media visual berupa film kartun anak-anak. Pemberian contoh dan Pembiasaan yang berupa praktek shalat di sekolah.(3) hasil dari pengenalan metode konsep ibadah adalah dari aspek kognitif anak menjadi tahu/ memahami gerakan dan bacaan shalat. Dari aspek sikap anak sudah termotivasi da nada kesadaran untuk melakukan shalat, dari aspek fisik motoric nya santri sudah memiliki keterampilan untuk melaksanakan ibadah seperti shalat dhuha dan shalat wajib.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hasanah, Nurulnurul.mhs@iaincurup.ac.id
Purnama Sari, Dewidewipurnamasari@iaincurup.ac.id
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:13
Last Modified: 09 Sep 2024 08:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item View Item