Laverdho, M. Royhan and Wanto, Deri and asri, karolina and Sutarto, Sutarto (2024) Inovasi Guru PAI DAN Implikasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMA 4 REJANG LEBONG. Masters thesis, Institu Agma Islam Negeri Curup.
Text
FULL TEXT_TESIS_( 22871020)_M. ROYHAN LAVERDHO.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh terlihat kemampuan berfikir kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran PAI masi rendah, hal ini ditandai dengan tingkat analisis peserta didik yang kurang, peserta didik belum mampu menghasilkan banyak ide atau jawaban, kemampuan memiliki ide yang sangat luas masih kurang, padahal dalam proses pembelajaran beberapa inovasi seperti model, metode dan perangkat belajar yang mendukung sudah digunakan dalam proses pembelajaran. maka dari itu diperlukannya sebuah inovasi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif skill peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui bagaimana Inovasi Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan creative thinking skill peserta didik di SMA N 04 Rejang Lebong. Kemudian Untuk mengetahui bagaimana kemampuan creative thinking skill peserta didik di SMA N 04 Rejang Lebong. Selanjutnya untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan creative thinking skill peserta didik di SMA N 04 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah Bapak/Ibu, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik (metode). Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa dalam proses berpikir kreatif kemampuan berfikir kreatif siswa masi sangat rendah hal ini diperkuat dengan kurangnya siswa dalam menghasilkan jawaban dan gagasan bervariasi, kurang memperkaya dan mengembangkan suatu gagasan padahal dalam proses pembelajaran guru menampilkan vidio atau gambar yang ditampilkan melalui infocus untuk membuat pembelajaran lebih menarik perhatian dan cara penyampaian guru dengan materi yang tidak monoton, pemilihan metode dan model pembelajaran yang tepat, melakukan literasi, membentuk siswa menjadi beberapa kelompok belajar. Jenis inovasi yang dilakukan oleh guru PAI dengan cara menampilkan media atau teks pendek yang terkait dengan topik yang sedang dibahas seperti video YouTube, klip dari podcast, berita utama, atau foto dan model pembelajaran yang biasa digunakan dengan cara melibatkan murid secara langsung dalam proses pemebalajaran, kemudian media yang guru kami gunakan biasanya berupa audi visual,e-learning dan gambar. Hasil dalam proses pembelajaran PAI untuk beberapa orang siswa sudah mulai muncul ketika dalam proses pembelajaran guru sudah menerapkan pembelajaran yang inovatif, seperti siswa sudah mampu untuk memberikan banyak ide yang luasmampu memecahkan masalah,melahirkan ungkapan yang baru dan unik dan mencari banyak alternatif yang berbeda-beda, akan tetapi masi ada beberapa siswa yang kemampuan berpikir kreatifnya masi terhambat atau belum muncul yang mana ini dipengaruhi oleh diri siswa itu sendiri padahal guru sudah menerapkan model pembelajaran seperti pembelajaran yang aktif, kemudian based learning dan beberapa media pembantu proses pembelajaran dengan metode pembelajaran yang menarik sudah diterapkan. Kata Kunci : Inovasi, Kemampuan berpikir kreatif
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:25 | ||||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:25 | ||||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7568 |
Actions (login required)
View Item |