Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Berjama’ah pada Siswa SDN 134 Rejang Lebong

TIANSI PRASASNA, ESA and Fadila, Fadila and Komalasari, Bakti (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Berjama’ah pada Siswa SDN 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
ESA TIANSI PRASASNA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SHALAT BERJAMA’AH PADA SISWA SDN 134 REJANG LEBONG ESA TIANSI PRASASNA NIM. 20531055 Abstrak Peneliti ini membahas Pertama strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah shalat berjama’ah pada siswa SDN 134 Rejang Lebong. Kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan kedisiplinan beribadah shalat berjama’ah pada siswa SD N134 Rejang Lebong. Tiga Bagaimana solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah shalat berjama’ah pada siswa SDN 134 Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah solat berjama’ah pada siswa di SDN 134 rejang lebong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data triagulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah shalat berjama’ah pada siswa ialah dengan memberikan contoh teladan,memberikan penjelasan mendalam, memberikan tindakan konsisten, memberikan dukungan dan dorongan, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Kedua, faktor pendukung dan hambatann dalam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah shalat berjama’ah pada siswa adalah dengan memberikan contoh teladan, memberikan penjelasan penuh tentang kewajiban shalat berjama’ah dan faktor penghambat adanya tekanan dari teman sebaya atau lingkungan dan kurangnya sarana dan prasarana Ketiga, solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah shalat beriamaah pada siswa dengan menghimpun anggaran dana, melengkapi fasilitas yang di perlukan, kerja sama antara pihak wali atau orang tua siswa dan memberi sanksi. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Shalat Berjama’a

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
TIANSI PRASASNA, ESAesa.tiansi@students.iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:10
Last Modified: 02 Sep 2024 08:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7533

Actions (login required)

View Item View Item