Marshanda, Tasha and Botifar, Maria and Latifa Irsal, IRNI (2024) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di MAN Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
FULL TEXT.pdf - Accepted Version Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK Tasha Marshanda, (20571015). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di MAN Rejang Lebong. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup. (2024) Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru pendidikan di Indonesia yang memberikan keleluasaan bagi guru untuk menciptakan pembelajaran berkualitas sesuai kebutuhan siswa. Namun dalam pengimplementasiannya menjadi tantangan khususnya bagi guru matematika. Fokus penelitian adalah bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di MAN Rejang Lebong, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka serta untuk mengetahui kegiatan P5PPRA. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subyek kepala sekolah, waka kurikulum, tim P5PPRA dan guru mata pelajaran matematika serta objeknya yaitu implementasi kurikulum merdeka di MAN Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di MAN Rejang Lebong dalam beberapa tahapan berjalan dengan baik. Namun ada tahapan yang belum berjalan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil tahapan perencanaan dengan menyusun dan membuat perangkat pembelajaran matematika seperti merumuskan tujuan pembelajaran, membuat alur tujuan pembelajaran dan modul ajar mulai dari menentukan materi pembelajaran, metode, pendekatan dan strategi pembelajaran, serta media pembelajaran. Namun, untuk sumber pembelajaran yang digunakan belum berbasis AKMI. Pelaksanaan pembelajaran matematika sudah berjalan sesuai dengan prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka, namun guru matematika belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Evaluasi yang dilakukan sesuai ketentuan pada kurikulum merdeka dengan menggunakan asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif. Namun, pada aspek Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) belum dilaksanakan. Hal-hal ini dikarenakan sekolah ini masih dalam tahapan mandiri belajar. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:26 | ||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7532 |
Actions (login required)
View Item |