Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Software Geometer's Sketchpad Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Putri, Sintika and Irsal, Irni Latifa and Rahmadeni, Fevi (2024) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Software Geometer's Sketchpad Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Sintika Putri PDF.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Sintika Putri, 20571013 “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Software Geometer's Sketchpad Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis” Skripsi, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Program Studi Tadris Matematika Penelitian ini dibatasi oleh kemampuan siswa yang relatif rendah dalam memecahkan masalah matematika di kelas; mereka tidak mampu memahami keterbatasan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika, yang membuat matematika menjadi mata pelajaran yang sulit di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah dilakukan pembelajaran berbasis Software Geometer’s Sketchpad. 2) Untuk membuktikan apakah terdapat efektivitas setelah penggunaan media pembelajaran berbasis Software Geometer’s Sketchpad. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan design penelitian one group design pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan hanya melibatkan satu kelas yang terdiri dari 40 siswa. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan lembar observasi guru dan siswa. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji normalitas dan N-Gain, serta uji Wilcoxon untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan 1) Hasil Post-test kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan penggunaan media pembelajaran berbasis software geometer’s sketchpad diperoleh rata-rata 79 dan standar deviasi 13. Dari hasil pretest-posttest dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi yaitu dimana hasil posttest lebih besar dibandingkan hasil pretest. 2) Hasil dari hipotesis penelitian menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) memiliki nilai 0,001. Karena nilai 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat dikatakan ada efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis software geometer’s sketchpad terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci : Efektivitas, Media Pembelajaran Berbasis Geometer’s Sketchpad, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Sintikasintikaputri.mhs@iaincurup.ac.id
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:15
Last Modified: 02 Sep 2024 08:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7530

Actions (login required)

View Item View Item