lisa hati, lisa hati and Sutarto, Sutarto and Rahmi Nasutiom, Aida (2024) Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 07 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
TESIS LISA HATI.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
“IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 07 REJANG LEBONG” Abstrak Penelitian ini di latar belakangi oleh tantangan yang muncul dalam mengimplementasikan pendidikan berdiferensiasi pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar yaitu kebutuhan untuk memahami dan mengakomodasi variasi tingkat pemahaman dan minat peserta didik dan pendekatan pembelajaran yang cocok bagi peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui perencanaan model pembelajaran berdiferensisasi dengan pemanfaatan platform merdeka mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 07 Rejang Lebong. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran berdiferensisasi dengan pemanfaatan platform merdeka mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 07 Rejang Lebong. (3) Mengetahui evaluasi model pembelajaran berdiferensisasi dengan pemanfaatan platform merdeka mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 07 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian Studi Kasus yang bersifat Fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SDN 07 Rejang lebong, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik (metode). Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa : 1) Perencanaan model pembelajaran berdiferensiasi dengan pemanfaatan platform merdeka mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 07 Rejang Lebong, guru melakukan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik melalui asesmen awal dan menyusun materi pembelajaran dalam bentuk modul ajar. 2) Pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi dengan pemanfaatan platform merdeka mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 07 Rejang Lebong dalam konten, guru terlebih dahulu membuka sumber referensi yaitu platform merdeka mengajar Pembelajaran berdiferensiasi proses, guru melakukan pembelajaran dengan cara yang tidak monoton. Pembelajaran berdiferensiasi dalam produk guru menyuruh peserta didik untuk membuat Kaligrafi, Karya, dan lain sebagainya. Pada pembelajaran berdiferensiasi aspek lingkungan belajar, guru melakukan penyesuaian tempat duduk, pembelajaran di luar kelas, sumber belajar dengan sumber daya berbeda. 3) Evaluasi dan refleksi model pembelajaran berdiferensiasi dengan pemanfaatan platform merdeka mengajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 07 Rejang Lebong sudah dijalankan sebagaimana dengan sistem pada umumnya dan pemanfaatan platform merdeka mengajar sebagai sumber referensi. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2024 01:48 | ||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2024 01:48 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7528 |
Actions (login required)
View Item |