Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Menurut Level Berpikir Van Hiele

Friyani, Iis and Syaripah, Syaripah and Rahmadeni, Fevi (2024) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Menurut Level Berpikir Van Hiele. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan menyelesaikan soal dan teori Van Hiele saling berkaitan erat. Dengan melihat level berpikir Van Hiele, seseorang dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dari materi yang dikuasainya. Pencapaian indikator level berpikir Van Hiele sendiri menunjukkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal geometri yang melibatkan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) seberapa besar nilai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar, 2) bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar pada level berpikir Van Hiele. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi di penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IX SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong, dengan sampel menggunakan IX A yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penenlitian yang digunakan berupa dua paket tes, yaitu tes pertama Van Hiele Geometri Test (VHGT) dan tes kedua tes bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis di penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa dari 23 siswa yang menyelesaikan soal terdapat sebanyak 1 siswa pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 4%. Pada kategori sedang terdapat 9 siswa dengan persentase sebesar 39%. Dan 57% yang termasuk kategori rendah. Nilai tertinggi dari hasil tes adalah sebesar 76, sedangkan nilai terendahnya adalah sebesar 13. kemampuan menyelesaikan soal siswa level 0 (visualisasi) sebanyak 48% siswa hanya mampu berpikir pada tahap mengidentifikasi benda dan mengelompokkan benda tersebut ke dalam jenis –jenis bangun ruang sisi datar, siswa level 1 (analisis) terdapat 17% siswa yang mampu berpikir pada tahap menganalisis unsur-unsur yang ada di dalam bangun ruang serta mampu memberi nama pada bangun ruang hanya dengan memperhatikan ciri-ciri bangun ruang yang diketahui dari soal, siswa level 2 (deduksi informal) yaitu 17% siswa mampu menjelaskan hubungan antar sifat suatu bangun ruang dengan bangun ruang lainnya serta mampu mengambil kesimpulan sederhana tanpa memerlukan pembuktian. Siswa level 3 (deduksi informal) yaitu 5% mampu menyelesaikan beberapa pernyataan definisi, teorema phytagoras serta menyusun proses penyelesaian soal dengan pembuktian rumus yang tepat. Dan tidak ada siswa yang berada pada level 4 (rigor). Kata kunci: Kemampuan, Menyelesaikan Soal, bangun ruang sisi datar, level Berpikir Van Hiele

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Friyani, Iisfriyani.mhs@iaincururp.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:18
Last Modified: 02 Sep 2024 08:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item