Studi Komparasi Antara Guru Penerima Tunjangan Profesi Guru (Tpg) Dan Guru Penerima Tunjangan Kinerja (Tukin) Terhadap Semangat Kerja Di MAN 01 Kepahiang

Aziz, Toher and Warlizasusi, Jumira and Rahmi Nasution, Aida (2024) Studi Komparasi Antara Guru Penerima Tunjangan Profesi Guru (Tpg) Dan Guru Penerima Tunjangan Kinerja (Tukin) Terhadap Semangat Kerja Di MAN 01 Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STUDI KOMPARASI ANTARA GURU PENERIMA TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG) DAN GURU PENERIMA TUNJANGAN KINERJA (TUKIN) TERHADAP SEMANGAT KERJA DI MAN 01 KEPAHIANG.pdf - Accepted Version

Download (77MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara Guru yang menerima tunjangan profesi guru (TPG) dan guru yang menerima tunjangan kinerja (TUKIN) terhadap semangat kerja di MAN 01 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi komparatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner/angket.Guru berfungsi sebagai garda terdepan dalam sistem pendidikan dan merupakan komponen penting dan strategis. Karena mereka terlibat langsung dalam proses belajar mengajar dan merupakan bagian penting dari sistem pendidikan secara keseluruhan, guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pemberian tunjangan profesi guru (TPG) dan Tunjangan Kinerja (Tukin) diharapkan agar guru-guru dapat lebih bersemangat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga mendapatkan hasil yang maksimal serta meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji hipotesis / uji T didapatkan nilai rata-rata semangat kerja guru penerima tunjangan profesi = 0.274 sedangkan Guru Penerima tunjangan kinerja = 0.275 Nilai rata-rata semangat kerja untuk kedua kelompok sangat dekat dengan selisi hanya 0.001 hal ini menunjukkan bahwa secara umum nilai semangat kerja antara kedua kelompok hampir sama dan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Begitu pula hasil yang didapatkan dari uji hipotesis / uji t dimana didapatkan nilai t hitung sebesar 1.127 < t tabel 1.734 dimana nilai t hitung lebih kecil dibandingkan nilai t tabel sehingga dalam penelitian ini berarti kita tidak menolak Ho, dengan kata lain tidak ada perbedaan yang signifikan antara semangat kerja guru penerima tunjangan profesi guru dan guru penerima tunjangan kinerja. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian tunjangan diantara kedua kelompok guru tersebut telah sama-sama memberikan dampak terhadap semangat kerja masing-masing disamping faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi semangat kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Aziz, Tohertoher.mhs@iaincurup.ac.id
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Rahmi Nasution, AidaAidaRahminasution@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:44
Last Modified: 04 Sep 2024 03:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7512

Actions (login required)

View Item View Item