Hubungan Nilai Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl)Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Defi Lestari, Defi and Botifar, Maria and Misriani, Agita (2024) Hubungan Nilai Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl)Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI DEVI FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Defi Lestari, Nim (18541010) “Hubungan Nilai Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Curup. Penelitian ini dilakuakan untuk : 1. Mengetahui bagaimana pembelajaran microteaching di Prodi Tadris Bahasa Indonesia angkatan 2019, 2. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengajar mahasiswa PPL Tadris Bahasa Indonesia angkatan 2019, 3. Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara nilai microteaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL Tadris Bahasa Indonesia angkatan 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik berdasarkan jumlah atau banyaknya data yang dipersentasekan dalam bentuk angka-angka untuk dipahami dan disimpulkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2019 yang berjumlah 2 kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis statistic inferensial yang terdiri dari uji normalitas data dengan kriteria pengujiannya adalah jika nilai signifikan lebih besar dari 0,05 maka data terdistribusi normal, dan apabila lebih kecil daro 0,05 maka data tidak normal. Dan yang ke-2 menggunakan regresi linear sederhana dengan kriteria pengambilan keputusan jika statistic F hitung < statistic Ftabel, maka Ho diterima jika statistik F hitung > statistic F tabel, maka Ho ditolak. Hasil penelitian ini untuk variabel X apabila ditetapkan pada table interval nilai, maka menduduki interval antara 3,00 – 3,49 dengan nilai Fr 53,2% dan termasuk dalam kualitas sangat baik. Berdasarkan hasil nilai kumulatif untuk variabel Y apabila ditetapkan pada tabel interval nilai, maka menduduki interval antara 4,0 – 4,9 dengan nilai Fr 100% dan termasuk dalam kualitas baik. Berdasarkan output “Test Statistics” diketahui bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0.000. hal tersebut menunjukkan bahwa 0.000 < 0.005. Pada dasar pengambilan keputusan Mann Whitney, jika nilai Asymp.Sig.(2-tailed) < 0.005, maka Hipotesis diterima, dan jika nilai Asymp.Sig.(2-tailed) > 0.005, maka Hipotesis ditolak. Maka berdasarkan table tersebut dan menunjukkan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) < 0.005, maka Hipotesis diterima yang artinya Ada pengaruh signifikan antara pembelajaran microteaching terhadap peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa PPL Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2019 di IAIN Curup. Kata Kunci : Pembelajaran Micro Teaching, Kemampuan Mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Defi Lestari, Defidefi.mhs@iaincurup.ac.id
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Micro Teaching, Kemampuan Mengajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:28
Last Modified: 28 Aug 2024 04:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7480

Actions (login required)

View Item View Item